Waspada potensi hujan disertai kilat di wilayah Kepri Rabu pagi

id Cuaca kepri rabu, bmkg, prakiraan cuaca kepri, kepulauan riau, kota batam

Waspada potensi hujan disertai kilat di wilayah Kepri Rabu pagi

Pelabuhan rakyat di Pulau Kasu, Kota Batam, Kepulauam Riau, Selasa (10/9/2024). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) untuk waspada adanya potensi hujan sertai kilat dan angin yang hari ini.
 
"Waspada potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi dan siang hari di seluruh wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Debora Truly.
 
Berdasarkan prakiraan BMKG, kondisi cuaca Kepri hari ini dipengaruhi adanya belokan angin (shearline) serta labilitas atmosfer yang cukup kuat dan kelembapan udara lapisan atas yang basah di sekitar wilayah Kepri mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari Rabu di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari," ujarnya.
 
Berikut perkiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kota Batam pagi dan siang harinya diperkirakan hujan ringan, malam hari berawan, dini hari cerah berawan.
 
Adapun suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 5-14 km/jam.
 
Wilayah Kota Tanjungpinang diperkirakan pagi harinya diguyur hujan dengan intensitas sedang, siang harinya hujan disertai kilat. Malam harinya berawan, dini hari cerah berawan.
 
Suhu udaranya berkisar antara 26-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 9-21 km/jam.
 
Begitu pula di Kabupaten Bintan diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang pagi hari, dan hujan disertai petir di siang hari. Malam harinya berawan tebal, dini harinya cerah berawan. Suhu udara 25-30 derajat celcius, dan arah angin dari Selatan dengan kecepatan 6-16 km/jam.
 
Di Kabupaten Karimun pagi diperkirakan hujan disertai kilat, siang harinya hujan sedang, malam harinya cerah berawan, dini hari berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 10-14 km/jam.
 
Selanjutnya, Kabupaten Lingga pagi, dan siang diperkirakan hujan ringan, malam hari berpotensi berawan tebal, dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-29 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 8-14 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Natuna paginya diwarnai petir, siang hari hujan ringan, malam harinya berawan tebal hingga dini hari. Suhu udara mempengaruhi 25-29 derajat celcius, angin bertiup dari Barat Daya dengan kecepatan 8-15 km/jam.
 
Terakhir di Kabupaten Anambas paginya diperkirakan hujan dengan intensitas sidang, siangnya hujan ringan, malam hingga dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 26-29 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 13-22 km/jam.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE