Protes genosida Israel, aktivis AS membakar diri

id israel,palestina

Protes genosida Israel, aktivis AS membakar diri

Kantor media Gaza pada Sabtu (14/9/2024) mendesak komunitas internasional, negara-negara di dunia, organisasi internasional, PBB, serta organisasi-organisasi Arab untuk segera memberi bantuan kepada 2 juta orang yang terlantar "yang sangat membutuhkan tempat tinggal yang memadai untuk melindungi mereka dari dinginnya musim dingin dan panasnya musim panas, dengan menekan Israel menghentikan kejahatan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza." / ANTARA/Anadolu/py

New York (ANTARA) - Seorang aktivis Amerika Serikat membakar diri di depan Konsulat Israel di Boston, Massachusetts, pekan lalu sebagai protes terhadap genosida Israel di Jalur Gaza.

Dalam pernyataannya, kepolisian setempat mengatakan insiden itu terjadi pada 11 September sekitar pukul 20.10. Pria tersebut mengalami luka bakar serius dan dilarikan ke rumah sakit.

Polisi belum mengungkapkan identitas sang aktivis atau motif tindakannya karena penyelidikan masih berlangsung.

Kantor Kejaksaan Wilayah Suffolk County di New York mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden tersebut.

Menurut media lokal, insiden itu terjadi di depan Hotel Four Seasons dekat Konsulat Israel di Boston.

Sebuah rekaman CCTV memperlihatkan pria tersebut membakar dirinya setelah mondar-mandir di depan hotel. Orang-orang di sekitar lokasi segera berusaha memadamkan api di tubuhnya.

Seorang saksi mata mengatakan kepada NBC10 Boston bahwa dia dan temannya berlari ke lokasi setelah mendengar teriakan dan berusaha memadamkan api dengan ransel.

Dia menggambarkan keadaan saat itu sebagai “situasi yang sangat menyedihkan dan menggusarkan.”

Saksi lain, Jeferson Zapata, mengatakan kepada Telemundo Nueva Inglaterra bahwa pria tersebut menyiramkan bensin ke tubuhnya sebelum membakar diri.

Zapata mengatakan bahwa dia dan beberapa orang lainnya berusaha menyemprotkan air ke pria tersebut.

Kurangnya pernyataan dari pihak berwenang AS dan minimnya liputan media nasional tentang masalah itu telah menuai kecaman.

Meski otoritas AS belum mengungkapkan identitas pria itu dengan dalih penyelidikan masih berlangsung, sejumlah pengguna media sosial percaya ada upaya untuk menutupi insiden tersebut.


Sumber: Anadolu
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Protes genosida Israel di Gaza, aktivis AS bakar diri di Boston

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE