TK-SD Al Azhar Berdiri di Bintan

id tk, sd, al. azhar, bintan, jakarta, berdiri, susilawati, yus, yunus

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Yayasan Nabil Al Fatih Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, meresmikan gedung Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar Al Azhar di Jalan Nusantara KM 18 Kijang, Bintan, Minggu.

"Peresmiannya hari ini bersamaan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sekolah ini mulai menerima murid pada Juni 2012 dan diharapkan dapat mencetak generasi ilmuwan muslim di Bintan," kata pendiri dan pembina Yayasan Nabil Al Fatih Bintan Susilawati.

Yayasan Nabil Al Fatih Bintan membangun TK dan SD Al Azhar bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Azhar Jakarta.

Sekitar 650 orang warga Kijang dan sekitarnya yang menghadiri acara itu mendapat kejutan di tengah ceramah Maulid yang dibawakan  KH Damanhuri, muncul Yus Yunus, artis ibu kota yang kini lebih banyak berdakwah.

Yus Yunus bahkan di akhir acara menyanyikan tiga buah lagu bertema religi.

"Saya mendoakan agar Yayasan Nabil Al Fatih bisa membangun pendidikan Islam yang kuat dan berjaya di Kabupaten Bintan ini," kata Yus Yunus. 


Acara itu dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Bintan Khazalik dan sejumlah anggota DPRD Bintan lainnya seperti H Amran.

Sementara itu, terkait pendirian TK dan SD Al Azhar itu, Susilawati yang juga anggota DPRD Kabupaten Bintan ini menjelaskan bahwa ini merupakan tahap awal.

Pada tahap selanjutnya SMP dan SMA Al Azhar serta universitas," papar Susilawati, yang kini juga tengah melanjutkan program doktor bidang pendidikan di University Kebangsaan Malaysia.

Untuk menjaga mutu dan kualitas pendidikan, kata Susilawati, maka sekolah ini akan berada dalam pantauan dan pengawasan langsung dari YPI Al Azhar Jakarta.

"Jadi kepala sekolah juga dari Al Azhar Jakarta, termasuk pengelolaan kurikulum dan konsultannya," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Nabil Al Fatih Bintan Bakhtaruddin yang juga tokoh pendidikan di Kijang mengemukakan, saat ini banyak berdiri sekolah Al Azhar di berbagai daerah, namun yang di Bintan berada di bawah pengawasan langsung Al Azhar Jakarta.

Sekolah yang mengambil luas sekitar empat hektare ini, nantinya menyatu dengan perumahan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas umum di Jalan Nusantara KM 18 Kijang.

"Untuk pengembangan sekolah, nantinya baik TK, SD, SMP dan SMA Al Azhar akan menyatu di satu lokasi," ujarnya.

Yayasan ini digawangi oleh sejumlah orang dengan latar belakang berbeda. Pendirinya adalah H Husin Kaderi, seorang ulama di Kijang, bersama Mimfari, seorang pengusaha properti di Bintan, dan Susilawati, anggota DPRD Kabupaten Bintan.

Pada jajaran pengurus, para akademisi dan praktisi pendidikan pun bergabung. Di antaranya adalah Bakhtarudin, tokoh pendidikan di Kijang, Saleh H Umar, pendiri Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia

Tanjungpinang dan Trisno Aji Putra, dosen  FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang.

Wakil Bupati Bintan Khazalik dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Bintan membutuhkan orang-
orang yang peduli pendidikan.

"Kalau ada 30 orang seperti Ibu Susilawati, tentu akan majulah Bintan. Bintan membutuhkan orang-orang yang peduli pendidikan untuk memajukan SDM-nya," kata Khazalik.

(.KR-NP/A013)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE