Kadispar Kepri: Lagoi jadi destinasi unggulan sport tourism

id Dinas pariwisata kepri,lagoi

Kadispar Kepri: Lagoi jadi destinasi unggulan sport tourism

Pemandangan salah satu sudut kawasan wisata Lagoi di Kabupaten Bintan, Kepri. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kepulauan Riau (Kepri) Guntur Sakti mengatakan, kawasan wisata Lagoi di Kabupaten Bintan menjadi salah satu destinasi unggulan sport tourism atau wisata olahraga unggulan di Indonesia.

Guntur menyebut hal itu ditandai dengan konsistensi pengelola Lagoi yang selama ini terus-menerus menyelenggarakan sejumlah agenda sport tourism berskala internasional dengan melibatkan wisatawan lokal hingga mancanegara, seperti Bintan Triathlon (lari) hingga Tour de Bintan (bersepeda).

"Lagoi selama ini telah dikenal sebagai destinasi sport tourism, karena menyajikan panorama pantai dipadu keindahan keindahan alam yang memukau bagi wisatawan," kata Guntur di Tanjungpinang, Selasa.

Guna mengukuhkan lagi posisi Lagoi sebagai destinasi sport tourism tanah air, kata dia, dalam waktu dekat akan kembali digelar kegiatan Mandiri Bintan Marathon 2024. Tepatnya pada 2 sampai 3 November 2024.

Ia optimistis kegiatan itu bakal menghadirkan ribuan wisatawan mancanegara ke Kepri, khususnya Bintan. Agenda tahunan itu juga berdampak pada peningkatan sektor ekonomi, mulai dari hotel/penginapan, kuliner, serta pelaku UMKM di sekitarnya.

Apalagi Lagoi yang telah meraih penghargaan sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan itu menawarkan pengalaman lari tanpa kemacetan dan polusi sambil menikmati keindahan alam sekitar.

"Mandiri Bintan Marathon menjanjikan acara yang lebih dari sekadar angka partisipasi, melainkan memberi pengalaman tak terlupakan bagi para penggemar olahraga lari," tuturnya.

Sementara, Chief Operating Officer Bintan Resorts Abdul Wahab menyampaikan Mandiri Bintan Marathon 2024 mengusung tema “Run and Discover,”.

"Tema ini diangkat sebagai dukungan terhadap pelestarian Penyu Sisik di Pulau Bintan," katanya.

Wahab menjelaskan sejumlah kategori diperlombakan dalam agenda ini, yakni tantangan lari Full Marathon sejauh 42 kilometer, lalu Half Marathon 21 kilometer, serta lari kompetitif 10 kilometer yang menguji kecepatan dan daya tahan.

“Bagi mereka yang baru memulai, Fun Run 5 kilometer menjadi pilihan ideal untuk merasakan atmosfer lomba ini,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, ada pula Family Kids Run sepanjang 3 kilometer untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan kebersamaan keluarga.

Dengan pilihan kategori yang beragam, lanjutnya, membuat Mandiri Bintan Marathon 2024 tidak hanya menjadi ajang lari prestisius tapi juga menyediakan platform bagi semua orang untuk merayakan semangat olahraga.

“Peserta akan menikmati rute lomba dengan infrastruktur yang terjaga dengan baik, disertai pemandangan indah danau yang tenang serta kecantikan alam yang asri,” katanya selaku pengelola kawasan wisata Lagoi.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kadispar Kepri sebut Lagoi jadi destinasi unggulan sport tourism

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE