Harga Cengkeh di Natuna Melonjak

id Harga, Cengkeh,Natuna, Melonjak,petani,pulau,midai,timau

Batam (ANTARA Kepri) - Petani cengkeh di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, dalam sepekan terakhir menikmati harga penjualan cengkeh yang tinggi mencapai Rp100.000/kilogram.

"Petani cengkeh yang berada di Kecamatan Midai saat ini  melonjak tajam, pekan lalu harganya berkisar Rp80.000 kini melonjak Rp100.000 per kilogram dan ada kemungkinan bakal terus tinggi," kata anggota DPRD Kepulauan Riau Syofian Syamsir di Tanjungpinang, Kamis.

Ia mengatakan, tingginya permintaan cengkeh di pasaran dunia yang menyebabkan harganya naik, padahal saat bulan Puasa lalu harga cengkeh anjlok karena produksi yang melimpah.

Ia mengharapkan membaiknya harga cengkeh dapat dinikmati masyarakat petani yang bermukim di pulau yang berada di Laut Cina Selatan itu.

Menurut dia, walaupun musim panen cengkeh telah berakhir pada pertengahan tahun, namun masyarakat biasanya menyimpan emas coklat itu karena saat musim panen biasanya harga murah.

Dijelaskannya, saat musim panen harga cengkeh jatuh dan biasanya masyarakat hanya menjual sesuai kebutuhan yang mendesak seperti untuk membayar upah  petik ataupun kebutuhan anak sekolah. Tapi, saat harga cengkeh membaik seperti sekarang maka masyarakat akan menjualnya.

"Saya bersyukur harga cengkeh saat ini tinggi dan petani di Natuna dapat tersenyum lebar. Maklum saja hasil kebun mereka diakui dengan harga yang layak," ungkap Sofian.

Kecamatan Midai merupakan sentra penghasil cengkeh di Provinsi Kepulauan Riau. Kecamatan ini terletak di tengah-tengah Laut Cina Selatan dengan luas wilayah kecamatan sekitar 50 kilometer persegi yang terdiri dari dua buah pulau yakni Pulau Midai dan Pulau Timau.

Tanaman cengkeh banyak terdapat di daerah itu baik yang sengaja ditanam di areal perkebunan warga maupun di halaman rumah, perkantoran maupun di pinggir jalan. (E010/B008)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE