Pemkot Batam Siapkan Mental Pensiunan

id Pemkot, Batam,Mental, Pensiun,purna,tugas

Batam (ANTARA Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menyiapkan mental Pegawai Negeri Sipil untuk memasuki masa pensiunan.

"Pemkot menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan purna tugas bagi PNS yang memasuki masa pensiun untuk menyiapkan mentalnya," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam, Kamis.

Diklat yang diselenggarakan  Badan Kepegawaian Daerah itu diberikan pada 47 orang PNS calon pensiunan pada Selasa hingga Rabu (27-28/11).

"Pelaksanaan kegiatan Diklat Purnatugas untuk memberikan pembekalan kepada PNS yang akan memasuki usia pensiun agar lebih siap secara psikologis dalam menjalankan kehidupannya setelah selesai melaksanakan tugasnya sebagai PNS di lingkungan Pemkot Batam," kata Ardi.

Selain itu, pelatihan dua hari itu juga memberikan bekal agar pensiunan mandiri.

"Agar PNS purnatugas dapat melakukan wirausaha dengan memanfaatkan peluang yang ada," kata dia.

Dalam pelatihan, calon pensiunan juga dijelaskan hak-haknya sebagai PNS purnatugas sesuai peraturan.

Ardi mengatakan pelatihan juga memberikan motivasi kepada PNS purnatugas tetap memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai motivator, Pemkot Batam mengundang petugs Badan Kepegawaian Negara RI dan perwakilan  PT Taspen (Persero) Cabang Tanjungpinang.

Menurut Ardi, masa transisi mendekati masa pensiun disikapi beragam oleh setiap orang, ada yang cemas karena merasa belum siap dalam banyak aspek, baik aspek psikologi, aspek ekonomi dan materi maupun aspek sosial.

"Kecemasan yang berlebihan tentunya akan menimbulkan dampak yang kurang baik pada kondisi emosional dan dapat menimbulkan berbagai masalah baru," kata dia.

Meski begitu, namun ada juga PNS yang menyikapi dengan santai dan tidak ada beban sama sekali. Bahkan, ada pula justru menyikapi dengan rasa penuh optimis.

"Ada yang optimis dapat mengaktualisasikan diri dalam kehidupan menjadi semakin baik dan berkualitas," kata dia.  (ANTARA)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE