Kadin Kepri Pertanyakan Pencopotan Ketuanya

id Kadin, Kepri,johanes,kennedy,nada,soraya,copot,Ketua

Batam (Antara Kepri) - Jajaran pengurus Kamar Dagang dan Industri Provinsi Kepulauan Riau mempertanyakan pencopotan jabatan ketuanya, Johanes (John) Kennedy Aritonang oleh pengurus Kadin Indonesia.

"Kami akan meminta penjelasan John, kenapa dia bisa diganti," kata Wakil Ketua Kadin Kepri Alfan Suhairi di Batam, Rabu.

Jajaran pengurus Kadin Kepri akan mengadakan rapat kerja khusus untuk membahas itu, kata dia.

Dalam rapat itu, pengurus akan mempertanyakan keabsahan pergantian Ketua Kadin Kepri.

"Karena kami tidak tahu, apa itu sah. Kalau sah, apa dasarnya. Kalau tidak, bagaimana," kata dia.

Secara detil, Alfan menolak mengomentari pencopotan jabatan John Kennedy.

Meski begitu, ia menyakinkan SK yang dibuat Kadin Indonesia hanya mencopot jabatan dan keanggotaan Johanes Kennedy. Tidak serta merta jajaran pengurus Kadin Kepri.

"Menurut SK itu, hanya Johannes yang dipecat. Yang lain tidak," kata dia.

Sementara itu, untuk menggantikan Johanes Kennedy sementara waktu, Kadin Indonesia menunjuk Nada Faza Soraya sebagai "caretaker" Ketua Kadin Kepri.

Ditemui terpisah, Nada mengatakan Surat Keputusan Kadin Indonesia menunjuknya untuk melakukan konsolidasi organisasi dan penyempurnaan kepengurusan untuk menjalankan roda organisasi.

"Saya diberikan waktu enam bulan," kata dia.

Setelah itu, akan diadakan musyawarah daerah luar biasa untuk memilih ketua yang baru.

Johanes Kennedy bersama delapan ketua Kadin Provinsi lainnya dipecat dan dicopot keanggotaannya oleh Kadin Indonesia karena mengadakan munaslub.

Rakornas Bidang OKP TKP Kadin Indonesia di Bandung pada 3 Februari 2013 dan di Jakarta pada 8 dan 16 April 2013 memutuskan mengambil tindakan tegas kepada semua pihak termasuk di antaranya beberapa ketua umum kadin provinsi.

Tindakan tegas diambil karena Kadin Indonesia menilai sembilan Ketua Kadin Provinsi sudah melakukan pelanggaran berat atas pencemaran nama baik Kadin Indonesia dan penyalahgunaan wewenang yang bersangkutan sebagai pejabat Kadin Indonesia.

Selain Johanes,Kennedy, yang dicopot adalah Ketua Kadin Provinsi Papua, John Kabey digantikan "caretaker" Syahril Hasan, Ketua Kadin Provinsi Maluku Daniel Solihait digantikan "caretaker" David Glen, Ketua Kadin Provinsi Maluku Utara Iqbal Ruray digantikan "caretaker" Adam Marsaoly dan Ketua Kadin Provinsi Sulawesi Barat Harry Warganegara digantikan Taslim Tammauni.

Lalu Ketua Kadin Provinsi Sulawesi Tenggara Herry Asiku digantikan "caretaker" Abdul Jabir Uksin, Ketua Kadin Provinsi Nusa Tenggara Barat Bary Djadid digantikan "caretaker" Herry Prihatin, Ketua Kadin Provinsi Kalimantan Barat Santioso Tyo digantikan "caretaker" Endang Kesumayadi dan Ketua Kadin Provinsi Gorontalo Rocky Liyanto digantikan "caretaker" Ferdiyanto Koniyo. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE