Koleksi Arsip Daerah Natuna Minim

id Koleks,i Arsip, Daerah, Natuna, Minim

Natuna (Antara Kepri)-Koleksi berbagai surat-surat berharga di Kantor Perpustakaan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Natuna  kurang difungsikan oleh sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat.

"Sampai saat ini masih banyak  yang kurang perhatian terhadap masalah arsip terutama SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, bahkan masih ada yang tidak memiliki arsip. Arsip dianggap sebagai barang yang tidak berharga sehingga dibiarkan bahkan tidak dipedulikan sama sekali," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Arsip Daerah Kabupaten Natuna, Yanna Yeti di Ranai, Senin.

Yetti menjelaskan, dalam menjalankan pelaksanaan tugas lembaga-lembaga pemerintah, swasta maupun perorangan tak bisa lepas dari kegiatan surat menyurat sebagai pendukung pelaksanaan tugas, baik yang diciptakan maupun yang diterima.

"Surat dan dokumen merupakan bahan kerja dalam rangka pencapaian tujuan pemerintah, swasta maupun perorangan dalam melaksanakan pekerjaan, baik yang di terima maupun yang ciptakan. Seperti piagam, surat, keputusan, akte, daftar, dokumen, dan peta" jelasnya.

Namun, sampai saat ini masih ada atau bahkan banyak yang kurang perhatian terhadap masalah arsip. Arsip dianggap sebagai barang yang tidak beharga sehingga dibiarkan teronggok disudut ruangan kantor.

"Pada dasarnya sebuah arsip mirip dengan perpustakaan, yang membedakan adalah kalau perpustakaan bebas dikunjungi oleh siapa saja, sedangkan sebuah arsip tidak selalu bebas dikunjungi orang, kecuali arsip negara yang memang dijadikan sebagai obyek wisata," katanya. (Antara)


Editor; Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE