Riki Siapkan 1.000 Gerobak Bagi Pedagang Batam

id riki,syolihin

Batam (Antara Kepri) - Pengusaha muda yang saat ini menjabat Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Riki Syolihin, menyiapkan 1.000 gerobak bagi warga Batam yang ingin memulai usaha namun kesulitan mendapatkan modal.

"Kami menyiapkan bagi seluruh masyarakat yang ingin memulai usaha. Dari gerobak sampai perlengkapan lengkap dan tinggal menjalankan usaha," kata dia di Batam.

Hal tersebut disampaikan saat menghadiri acara peringatan Israk Miraj Nabi Muhammad SAW yang diadakan perkumpulan warga Kediri dan Cilacap Batam di Perumahan Ponix Garden, Sagulung, Minggu malam.

Ia mengatakan, selama ini banyak warga yang ingin memulai usaha namun kesulitan mendapatkan modal dari perbankan dan Dinas Koperasi dan UKM Batam karena tidak memiliki agunan.

"Kami tidak meminta agunan, dasarnya hanya kepercayaan. Nanti yang mendapatkan gerobak tersebut mengangsur ke BMT Iskandar Muda yang sudah bekerjasama. Kami juga membimbing mengenai pengaturan keuangannya agar usaha mereka berhasil dan mandiri," kata polilitisi PKB tersebut.

Riki mengatakan, jika diberikan gerobak secara geratis maka tingkat keberhasilan pedagang tidak tinggi karena merasa tidak punya tanggungan.

"Maka kami komitmen membimbingnya. Tujuannya menjadikan mereka pengusaha-pengusaha baru yang akan mampu menggerakan perekonomian," kata Riki.

Riki mengatakan, program tersebut saat ini sudah berjalan. Sudah sebanyak 22 gerobak disalurkan pada masyarakat.

"Yang menginginkan gerobak itu cukup datang ke BMT dengan membawa data diri dan lokasi yang akan ditempati untuk jualan. Nanti akan diverifikasi untuk mendapat bantuan tersebut. Saat ini sudah ada enam cabang BMT tersebut di Batam," kata dia.

Riki mengatakan, hal tersebut akan lebih efektif dibanding membantu masyarakat dengan menjadi anggota dewan.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE