Batam dalam WCS Ajukan Masyarakat Berbasis Teknologi

id Batam,WCS,Masyarakat,basis,Teknologi,world,cities,summit,singapura

Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Ahmad Dahlan dalam pertemuan World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2014 di Singapura mengajukan empat rumusan pembangunan di antaranya desain dukungan masyarakat berbasis teknologi.

"Dalam pertemuan yang dihadiri 400 wali kota itu, Pak Wali juga  meyakinkan saat ini Batam tengah menuju kota yang berbasis teknologi," kata Kabag Humas Pemkot Batam Ardi Winata, Senin mengenai usulan yang disampaikan dalam pertemuan Forum Wali Kota Sedunia itu.

Pemkot Batam, meyakini dengan dukungan teknologi, akan terbentuk standar kecerdasan kota, dan bila didukung dengan anggaran yang cukup, maka akan mampu mempercepat kemajuan daerah.

Selain menyampaikan gagasan dukungan masyarakat yang berbasis teknologi, Wali Kota Ahmad Dahlan juga mengajukan tiga rumusan lainnya, yaitu keterpaduan perencanaan pembangunan dari jangka pendek dan panjang, kepemimpinan yang kuat dan independen, serta kemantapan dukungan dari semua tingkatkan pemerintahan.

Menurut Ardi, seluruh gagasan Wali Kota diterima forum dan dimasukkan ke kesimpulan akhir kelompok.

Pertemuan di Singapura pada Minggu (1/6) itu mengangkat tema Kota Nyaman Dihuni dan Berkelanjutan: Tantangan Umum, Bersama-sama Mencari Solusi.

Ardi mengatakan pertemuan itu adalah kelanjutan pertemuan WCS sebelumnya di Bilbao, Spanyol.

Pertemuan dibagi dalam enam kelompok diskusi dengan enam tema yang berbeda, yaitu kualitas hidup yang baik, lingkungan yang berkesinambungan, ekonomi yang bersaing, perencanaan jangka panjang terpadu, pemerintah kota yang dinamis, dan kota berbasis teknologi.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan tergabung dalam kelompok Kota Berbasis Teknologi bersama antara lain Qatar, Swis Guangzhou dan Rotterdam. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE