Disperindag Gandeng Dinkes Inspeksi Pasar Tumpah

id Disperindag,Dinkes,Antisipasi,Makanan,pasar,tumpah,tanjungpinang,kesehatan,berbuka,puasa,Berbahaya

Paling tidak kami harus mengetahui zat pewarna apa yang digunakan para pedagang, sehingga produk yang dijual, aman dikonsumsi
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang menggandeng Dinas Kesehatan setempat untuk menginspeksi pasar-pasar tumpah untuk mengantisipasi makanan mengandung kimia berbahaya bagi kesehatan.

"Seharusnya memang ada uji lab untuk memeriksa komposisi bahan makanan yang dijual di pasar tumpah jelang berbuka," ujar Kabid Perdagangan Disperindag Kota Tanjungpinang Teguh di Tanjungpinang, Minggu.

Minimal, kata dia, inspeksi yang akan dilakukan secara dadakan tersebut dapat mengambil sampel untuk diuji. Hal ini sebagai antisipasi terancamnya kesehatan konsumen akibat ulah para pedagang yang memanfaatkan Ramadhan untuk mencari keuntungan sepihak.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan BPOM untuk ikut terlibat dalam sidak tersebut.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Tanjungpinang, Suyatno mengaku khawatir dengan dugaan penggunaan zat pewarna yang tidak layak untuk digunakan dalam makanan atau minuman.

"Paling tidak kami harus mengetahui zat pewarna apa yang digunakan para pedagang, sehingga produk yang dijual, aman dikonsumsi, " tegas Suyatno.

Menurutnya, Disperindag juga akan melakukan sidak ke swalayan untuk memeriksa kondisi produk pangan dalam keadaan terbungkus.

"Rencananya pekan depan dan H-4 jelang lebaran," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE