Tebing Puri Industrial Park 2000 Batam Longsor

id tebing,puri,industrial,longsor

Batam (Antara Kepri) - Hujan yang mengguyur Batam pada Selasa dinihari mengakibatkan tebing setinggi 10 meter kawasan samping Puri Industrial Park 2000 Batam Center longsor.
   
"Ini tadi malam longsornya. Sepertinya tembok tebing yang dibangun perumahan mewah disamping kawasan industri ini tidak sesuai ketentuan. Jadi kena hujan sedikit langsung longsor," kata seorang keryawan kawasan setempat, Eka Putra, Selasa.
   
Berdasarkan pengamatan, lokasi yang longsor berada pada ujung kawasan industri yang tengah berkembang pesat itu.
   
Dibawah tebing tersebut tengah dibangun perumahan elit. Sementara tebing dibangun hampir tegak lurus. Tidak dibangun miring, sehingga kondisinya kurang kuat menahan air.
   
Selain sudah mengalami longsor sepanjang 50 meter dengan lebar sekitar 10 meter, pada sejumlah bagian lain atas tebing tersebut sudah mulai retak.
   
"Hujannya tidak seberapa, namun sudah longsor. Model tebingnya tidak dibikin miring. Untung longsornya malam, kalau siang bisa-bisa ada korban jiwa dari pekerja bangunan dibawah," kata dia.
    
Seorang pemilik bangunan tepat disamping atas tebing tersebut mengatakan khawatir bangunannya akan roboh karena hanya berjarak beberapa meter saja.
   
"Sepertinya tidak ada pengawasan juga ini. Seharusnya proyek itu tidak boleh membahayakan yang lain," kata dia.
   
Sebelumnya, kata dia, tebing pada samping kawasan tersebut hanya lima meter dan tidak seberapa curam. Namun saat akan ada pembangunan perumahan tersebut, tanah diratakan sehingga tebing menjadi sekitar 10 meter.
   
"Kami harap segera ada solusi agar tidak lagi mengancam bangunan-bangunan lain. Kalau dibiarkan, ini menunggu waktu saja sebelum longsor lagi," kata seorang warga, Riza.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE