Kampus UMRAH Dorong Mahasiwa Ciptakan Robot Maritim

id kampus,umrah,dorong,mahsiswa,ciptakan,robot,maritim

Karya mahasiswa akan dihargai dalam perlombaan itu, dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa dan negara
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Kepulauan Riau mendorong mahasiswa untuk menciptakan robot maritim, yang dapat menyelam hingga ke dasar laut.
         
"Kalau robot beraksi di darat sudah biasa dilihat, tetapi kalau berjalan di dasar laut belum pernah ada, padahal sangat banyak fungsinya," kata Rektor UMRAH Prof Syafsir Akhlus di Tanjungpinang, Jumat.

Dia merasa optimistis kemampuan dosen di Fakultas Teknik UMRAH mampu mendorong mahasiswa berinovasi. Mahasiswa diharapkan lebih kreatif dan berusaha menciptakan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah, salah satunya menciptakan robot maritim.
        
Sementara dari kampus, upaya yang akan meningkatkan gairah mahasiswa berinovasi dengan cara menyelenggarakan perlombaan.
        
"Karya mahasiswa akan dihargai dalam perlombaan itu, dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa dan negara," ujarnya.
        
Akhlus berharap ide besar ini diperhatikan pemerintah sehingga dapat bersinergi dengan pihak UMRAH untuk mendorong mahasiswa menciptakan robot maritim.
         
Robot ini dapat memantau peristiwa yang terjadi di perairan Kepri seperti kondisi terumbu karang dan spesies ikan.
        
Robot ini juga diharapkan berfungsi sebagai pengawas perairan sehingga data yang terekam secara visual dapat digunakan untuk kepentingan pertahanan keamanan.
        
Aksi robot di dasar laut juga dapat dimanfaatkan pemerintah untuk mengembangkan sektor perikanan dan pariwisata.  
    
Di sektor perikanan, robot dapat memberi informasi terhadap kondisi terumbu karang. Jika karang mengalami kerusakan, maka dapat diperbaiki agar ikan kembali bersarang di karang.
        
Di sektor pariwisata, informasi terkait kondisi bawah laut dapat dipromosikan kepada wisatawan sehingga dapat menambah daya tarik mereka.
        
"Jadi robot maritim itu bukan hanya untuk kepentingan pendidikan di UMRAH, selainkan lebih luas lagi," katanya.
        
Akhlus menargetkan UMRAH dapat menjadi target belajar bagi kampus lainnya.
        
"Saya berupaya keras mendorong dosen dan  mahasiswa mengembangkan UMRAH agar semakin maju," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE