IOF Rayakan HUT RI Dengan Melepas Tukik

id Indonesia Offroad Federation (IOF), merayakan HUT RI ke-72, melepas, ratusan ekor tukik,Pantai Marwuez Kabupaten Lingga

Pengurus IOF Lingga melepaskan tukik memperingati HUT RI-72 (Istimewa)

Tidak terkecuali tukik, perlu mendapatkan kemerdekaan ke alam yang luas hingga menjadi penyu, dan terus berkembang. Hewan ini akan dikenal oleh anak cucu kita
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pengurus Indonesia Offroad Federation (IOF) merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 dengan melepas ratusan ekor tukik di Pantai Marwuez, Tanjung Sawang, Desa Lanjut, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Ketua IOF Pengurus Cabang Lingga, Novrizal, yang dihubungi Antara di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan pelepasan tukik sebagai simbol kemerdekaan ini milik semua mahluk hidup.

"Tidak terkecuali tukik, perlu mendapatkan kemerdekaan ke alam yang luas hingga menjadi penyu, dan terus berkembang. Hewan ini akan dikenal oleh anak cucu kita," katanya.

Novrizal mengemukakan pelepasan tukik mendapat respons positif dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin yang turut hadir dalam acara tersebut. Kegiatan ini juga dihadiri ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat.

Ketua IOF Pengurus Daerah Kepri, Yudhi Iskandar Z, mengatakan HUT RI tahun ini meriah dan berwarna di berbagai daerah. Pelepasan tukik sebagai kegiatan yang unik, dan mendapat respons positif dari banyak pihak.

Pelepasan tukik pula sebagai bukti pengurus IOF memiliki komitmen peduli terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat dan pemerintah. Tukik harus dilestarikan sehingga tidak langka.

Pengurus IOF sendiri, lanjutnya telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan sejak berdirinya organisasi tersebut. Pelepasan ratusan tukik hanya satu dari puluhan kegiatan yang pernah dilakukan IOF di berbagai daerah.

Di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Pemkab Lingga melaksanakan penanaman padi perdana. Kegiatan ini mendapat dukungan dari TNI dan Polri, termasuk IOF.

"Jadi tidak hanya menyelenggarakan offroad, karena pengurus juga melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti menjaga lingkungan agar tetap hijau. Anggota Off Road yang dikenal sebagai petualang dengan rangka besi dimedan yang menantang, punya hati untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kemerdekaan setiap mahluk hidup," ucapnya.

Terkait HUT RI, Yudhi berpesan agar seluruh generasi penerus bangsa menjadikan perbedaan sebagai potensi dan kekuatan negara. Diibaratkan seperti taman bunga, semakin banyak warna akan semakin terlihat indah.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai ancaman dan perpecacahan, melainkan sebuah kekuatan bangsa dan negara," katanya.(Antara)

Editor: B. Situmorang
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar