Kemenpan RB Masih Rencanakan Pembukaan CPNS 2018

id Kemenpan RB Masih Rencanakan Pembukaan CPNS 2018

Kemenpan RB Masih Rencanakan Pembukaan CPNS 2018

Kemenpan RB Asman Abnur (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Hingga saat ini lebih kurang 500 kabupaten dan kota serta 34 provinsi dan termasuk kementerian, lembaga yang ikut mengajukan kebutuhan ASN.
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi masih merencanakan untuk membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkup pemerintah daerah tahun mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, di Tanjungpinang,  mengatakan rencana untuk membuka penerimaan CPNS di daerah akan diumumkan setelah diputuskan.

“Di daerah masih kita planning untuk tahun depan, nanti kalau sudah diputuskan saya kasih tau," katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini lebih kurang 500 kabupaten dan kota mengajukan untuk kebutuhan ASN, serta 34 provinsi dan termasuk kementerian, lembaga yang ikut mengajukan kebutuhan ASN.

“Tapi yang jelas kita sesuaikan kebutuhan utamanya, misalnya bidang pendidikan, bidang kesehatan itu utama,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Asman, Kemenpan RB membuka formasi untuk lebih kurang 37.000 CPNS. Pemerintah mengutamakan penerimaan CPNS  disetiap Kementerian, dan sesui dengan formasi yang dibutuhkan.

“Seperti misalnya hakim, imigrasi, kementerian keuangan, di 61 kementerian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, seleksi penerimaan CPNS dilaksanakan secara terbuka, penilaian berdasarkan nilai yang paling tinggi dan mengacu pada passing grade.

“Jadi gak bisa main main lagi soal tes PNS,” ujarnya.

Menurutnya, penerimaan CPNS tidak bisa lagi berdasarkan rekomendasi pejabat, berdasarkan rekomendasi menteri, akan tetapi, yang bisa membantu untuk kelulusan tes CPNS kedepan berdasarkan kemampuan.

“Nah itu yang menjadi ukuran kita kedepan. Jadi PNS yang masuk itu nanti orang-orang pintar, orang-orang pilihan,” ujarnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE