2018 Lingga Diberikan Lima Ribu Ekor Sapi

id 2018,Lingga,pulau,bakung,Diberikan,ternak,Sapi

Undangan dan peserta mendengarkan pemaparan dari para narasumber di kegiatan FGD posisis strategis Pulau Bakung dan pulau-pulau sekitarnya di Hotel Harmoni Kota Batam Provinsi Kepri. (antarakepri.com/Messa Haris)

Perkembangan Kabupaten Lingga hanya perlu sentuhan SDM (sumber daya manusia) dan 'political will' dari Pemerintah Provinsi Kepri dan pusat
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah pusat akan memberikan lima ribu ekor sapi untuk diternak di Pulau Bakung, Kabupaten Lingga pada 2018 guna mensukseskan program swasembada daging sapi nasional.

Bupati Lingga Alias Wello, di Batam, Rabu, mengatakan Pulau Bakung nantinya tidak hanya menjadi kawasan karantina hewan dan sentra peternakan tapi juga bisa menjadi lokasi penelitian. 

"Perkembangan Kabupaten Lingga hanya perlu sentuhan SDM (sumber daya manusia) dan 'political will' dari Pemerintah Provinsi Kepri dan pusat," kata Bupati Lingga Alias Wello pada kegiatan focus group discussion (FGD) posisi strategis Pulau Bakung dan pulau-pulau sekitarnya. 

Alias Wello mengatakan Kabupaten Lingga miliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah mulai perkebunan, perikanan, pertanian serta pertambangan. Selain itu dari sisi pariwisata Lingga juga memiliki potensi yang sangat bagus. 

Karena itu ia berharap seluruh elemen pemerintah dapat memberikan dukungan untuk melakukan pengembangan Kabupaten Lingga. 

"Kita coba merajut kembali benang yang kusut itu untuk melakukan pengembangan Lingga yang lebih besar lagi," ujarnya. Alias Wello mengatakan dirinya sempat menyampaikan ke Kementerian Pertanian bahwa daerahnya sedang melakukan aktivitas pertanian. 

Namun dianggap tidak mungkin oleh pemerintah pusat. Kementan lanjutnya sempat memberitahukan selalu menganggarkan dana untuk pertanian di Provinsi Kepri, namun rupiah tersebut tidak pernah turun karena provinsi ini tidak memiliki lahan pertanian. 

Menurutnya ada dua provinsi di Indonesia yang tidak memiliki lahan pertanian yaitu DKI Jakarta dan Kepri.

"Saya sampaikan ke kementerian jika Kabupaten Lingga sudah panen beras, saat itu pak menteri langsung mengagendakan untuk datang ke Lingga," katanya. 

Alias Wello juga menyatakan jika dirinya tidak hanya membicarakan Lingga tapi juga kebutuhan pangan secara nasional. Ia yakin jika hal ini terealisasi tidak akan ada lagi pulau-pulau kosong di Kabupaten Lingga. "Lingga memiliki 604 pulau dan yang terisi baru 68 pulau," katanya. (Antara) 

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar