Industri tidak lagi bertanya ijazah namun keahlian

id industri,ijazah,keahlian pekerja

Industri tidak lagi bertanya ijazah namun keahlian

Ilustrasi pekerja industri pipa crude oil. (Antaranews Kepri/Joko Sulistyo)

Terkait program diploma 4 dengan sarjana S1, dirinya mengaku memang memiliki kesetaraan. Namun Diploma 4 dinilai memiliki keunggulan dibandingkan sarjana S1.
Makasar (Antaranews Kepri) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohamad Nasir mengatakan industri kedepan tidak lagi mengutamakan atau bertanya soal ijazah namun memilih fokus melihat keahlian yang dimiliki calon pegawai di bidang masing-masing.

"Industri ke depannya tidak lagi bertanya ijazah dan sekarang keahlian yang dibutuhkan sesuai bidangnya masing-masing," kata Menristekdikti Mohamad Nasir pada kunjungan kerjanya di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Melihat kondisi yang terjadi kedepan, Menristekdikti berharap semua lulusan khususnya Politeknik Ujung Pandang untuk terus fokus meningkatkan daya saing dan menunjukkan memiliki keahlian yang tidak dimiliki orang lain.

Baca juga: Pentingnya revolusi industri
Baca juga: Wali Kota Minta BP Batam Berfokus Industri
Baca juga: Industri shipyard diyakini kembali bergairah

Terkait program diploma 4 dengan sarjana S1, dirinya mengaku memang memiliki kesetaraan. Namun Diploma 4 dinilai memiliki keunggulan dibandingkan sarjana S1.

"Ristek Dikti mengakui diploma 4 setara dengan sarjana S1, Sarjana terapan dalam hal lulusan dari Diploma 4 mempunyai keunggulan daripada sarjana umumnya," jelasnya.

Mengenai keunggulan lulusan Diploma 4 yang dimaksudkan, dirinya mengatakan dari segi keunggulannya lebih kepada pendidikan vokasi (praktek) ketimbang pendidikan dengan menekankan pada akademis (Teori).

"Terlebih lagi lulusan sarjana terapan bukan hanya memiliki Ijazah, tetapi sertifikasi kompetisi sesuai dengan bidangnya," ujarnya.

Baca juga: Lulusan D4 Gagal Adminstrasi CPNS 2017

Humas PNUP Makassar, Asizah Azis mengatakan Menristekdikti memang hadir dengan berbagai agenda di kampsu tersebut yakni dialog akademika dengan civitas akademika PNUP.

Selanjutnya melakukan kunjungan keberbagai fasilitas tau sarana dan prasaran kampus PNUP hingga memberikan kuliah umum bagi mahasiswa di kampus tersebut. (Antara)

Editor : Pradanna Putra

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE