Peternak Batam panen lele

id Koarmada I,Panen ikan air tawar,Lanal batam

Peternak Batam panen lele

Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono bersama peternak ikan air tawar di Batam. (Antaranews Kepri/Istimewa)

budi daya ikan di Batam juga untuk meminimalkan kegiatan penyelundupan ikan sejenis dari negara tetangga, mengingat daerah itu perbatasan yang rawan penyelundupan.
Batam (Antaranews Kepri) - Peternak ikan air tawar Batam di bawah binaan Asosiasi Peternak Ikan Air Tawar (Asperikat) yang diinisiasi Lanal dan Pemerintah Kota Batam memanen lele dan ikan air tawar lainnya di Sembulang, Kecamatan Galang, Kamis.

Ikan air tawar yang dipanen yaitu lele, mas, gurame, bawal dan nila yang ditanam di kolam seluas 21 hektare di pulau penyangga.

Panen ikan air tawar di Batam disejalankan dengan kegiatan serupa di 19 Pangkalan AL (Lanal) dan lima Pangkalan Utama AL (Lantamal) seluruh wilayah Komando Armada I TNI AL.

Koarmada I Laksamada Muda TNI Yudo Margono mengatakan, budi daya ikan merupakan upaya untuk memastikan ketahanan pangan, yang juga menjadi tugas TNI. Karena bila ketahanan pangan di darat tercapai, ketahanan wilayah dan ketahanan nasional juga akan terwujud.

Selain itu, budi daya ikan di Batam juga untuk meminimalkan kegiatan penyelundupan ikan sejenis dari negara tetangga, mengingat daerah itu perbatasan yang rawan penyelundupan.

"Kalau di daerah terjadi ketahanan nasional ketahanan wilayah, di laut pun akan kurang kegiatan ilegal. Sehingga kita bisa konsen pada tugas penegakan wilayah dengan berpatroli di ZTE, daerah perbatasan dengan negara tetangga," kata dia.

Ia berharap kegiatan itu dikembangkan di beberapa tempat lainnya di Batam, agar ketahanan pangan semakin terjaga.

"Ini merupakan contoh yang bagus. Dan saya minta ini betul-betul dijaga. Jangan sampai hasilnya dibawa ke luar lalu dijual balik ke sini," kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengapresiasi panen ikan air tawar oleh petani binaan Asperikat yang diinisiasi Lanal Batam.

Ia berharap, dengan banyaknya pasokan ikan air tawar, maka harganya pun akan stabil. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE