Tahun depan, tiap kelurahan dapat Rp350 juta

id DAU

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menyatakan, pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,3 miliar untuk dialokasikan ke 18 kelurahan di Kota Tanjungpinang, yang akan ditransfer melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2019.

"Masing-masing kelurahan mendapatkan bagian sekitar Rp350 Juta," kata Syahrul kepada Antara, Senin (5/10).

Syahrul menjelaskan, penganggaran itu atas usulan pemerintah kabupaten/kota kepada pemerintahan yang dipimpin oleh presiden Jokowi-Jusuf Kalla, ketika pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Forum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). 

"Ini merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo. Saya dengar DPR RI juga sudah menyetujuinya," terangnya.

Menurut Syahrul, ketika dana dimaksud telah diterima oleh masing-masing pihak kelurahan. Dia katakan, geliat pembangunan dan pengembangan di tingkat kelurahan dipastikan mengalami peningkatan. Hal ini diharapkan mampu mendorong perekonomian sekaligus pemberdayaan masyarakat di lingkungan kelurahan, agar menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Selain itu, Syahrul menyebut program-program kelurahan yang selama ini belum teranggarkan di APBD Kota Tanjungpinang, bisa diwujudkan melalui dana kelurahan tersebut.

"Kita tentu berterima kasih kepada pemerintah pusat. Karena anggaran senilai Rp350 Juta untuk tiap-tiap kelurahan itu, sangat membantu pemkab/pemko dalam pemerataan pembangunan," tutupnya.
Pewarta :
Editor: Joko Sulistyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar