Ribuan warga hadiri peluncuran CFD Jembatan Dompak I

id CFD DOMAK

Ribuan warga hadiri peluncuran CFD Jembatan Dompak I

Ribuan masyarakat menghadiri launching Car Free Day di Jembatan I Dompak di Tanjungpinang, Minggu (18/11). (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Hujan gerimis yang mengguyur sejak dini hari, tidak menyurutkan ribuan masyarakat Kota Tanjungpinang untuk menghadiri acara launching Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan di Jembatan I Dompak, Minggu (18/11).

Program Car Free Day yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri itu dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur Isdianto.

"Mulai hari ini, Jembatan I Dompak resmi kita jadikan sebagai CFD atau hari bebas kendaraan," kata Nurdin dalam sambutannya.

Sementara, Kepala Dispora Provinsi Maifrizon menuturkan, Car Free Daya Jembatan I Dompak dimaksudkan untuk peningkatan semangat dan budaya olahraga di kalangan masyarakat Provinsi Kepri, khususnya Tanjungpinang dan sekitarnya.

Karena menurut Maifrizon, dari hasil survei saat ini persentase masyarakat Provinsi Kepri yang berolahraga secara teratur tergolong rendah, yakni hanya 15 persen.

"Melalui Car Free Day ini, kami targetkan semangat olahraga penduduk Kepri di atas 85 persen, bahkan mencapai 100 persen," imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, kegiatan CFD ini juga diharapkan dapat meningkatkan pereonomiam pedagang kecil dan menengah, terutama yang berjualan di sekitar lokasi jembatan penghubung wilayah Tanjungpinang dan Pulau Dompak tersebut.

"Karena biasanya usai berolaharga, warga akan mencari minuman atau cemilan ringan. Tentu ini menjadi peluang bagi pedagang-pedagang kecil di situ," tuturnya.

Masih kata Maifrizon, setelah persemian, setiap hari Minggu pagi mulai pukul 06.00-08.00 WIB, akses bagi kendaraan bermotor yang melintasi Jembatan I Dompak akan ditutup. Hal itu untuk memberi ruang kepada mayarakat yang akan melakukan aktivitas olahraga di jembatan tersebut.

"Silakan masyarakat manfaatkan CFD ini, untuk bersepeda, lari pagi, jalan santai, senam sehat, bersepatu roda maupun olahraga lainnya," ujarnya. 

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE