Lukisan Presiden dari sabut kelapa pecahkan rekor Muri

id kopek

Bupati Lingga Alias Wello foto didepan lukisan terbesar dari sabut kelapa yang memuat foto Presiden RI Joko Widodo (Nurjali)

Ada juga beberapa pameran kuliner dan beberapa kerajinan tangan dari kelapa lainnya, ini merupakan kreatifitas dari teman-teman kita para pengrajin kelapa di Lingga
Lingga (Antaranews Kepri) - Lukisan dari sabut kelapa terbesar yang memuat foto Presiden RI Joko Widodo, memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pada pembukaan Festival Kelapa dan Raker Kelapa Indonesia, yang ditaja oleh Koalisi pemerintah daerah penghasil kelapa Indonesia yang digelar di Dabosingkep Kabupaten Lingga.

"Ini merupakan pembuktian kita kepada pemerintah, bahwa industri kelapa sudah saatnya mendapat tempat di pemerintah," kata Bupati Lingga Alias Wello. 

Adapun ukuran potret diri bapak Ir. H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia yang terbuat dari bahan sabut kelapa tersebut berukuran 3,6 meter x 4,8 meter yang dibuat oleh lima orang seniman dan pengrajin kelapa yaitu Febri Yunarta, Irwan Sembiring, Morris Alexander Siregar dan Kamaruzzaman yang berkolaborasi menciptakan lukisan sabut kelapa terbesar tersebut.

Selain membuat lukisan dengan ukuran yang besar tersebut, para seniman ini juga membuat beberapa lukisan ukuran kecil bergambar, bupati para peserta Kopek, Kepala Staf Presiden dan wakil bupati Lingga. Selain itu ada juga pemecarahan rekor Muri untuk sofa terpanjang dari sabut kelapa dengan ukuran 25 meter, yang dibuat oleh para pengrajin sabut kelapa asal Kabupaten Lingga.

"Ada juga beberapa pameran kuliner dan beberapa kerajinan tangan dari kelapa lainnya, ini merupakan kreatifitas dari teman-teman kita para pengrajin kelapa di Lingga, "sebutnya. 

Ditambahkannya hadirnya beberapa kerajinan dari sabut kelapa tersebut, juga tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam membangun pusat pengolahan kelapa terbesar di Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan. Pembangungan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2017 yang lalu, dan diteruskan pada tahun 2018 ini, dan saat ini masuk dalam tahap finishing.

"Meski masih dalam proses pembangunan, namun beberapa peralatan sudah bisa digunakan dan siap untuk  menghasilkan karya yang luar biasa," sebutnya.

Sementara itu Kepala Staf Presiden RI Moeldoko yang menyaksikan penyerahan piagam Muri tersebut mengatakan, akan menyampaikan apa yang telah dilaksanakan di Kabupaten Lingga ini kepada Presiden RI, karena menurutnya apa yang telah dilakukan oleh para Bupati yang tergabung di Kopek ini sungguh sangat serius dan memiliki optimisme yang luar biasa.

"Saya pasti akan sampaikan ini, dan ini akan menjadi prioritas utama saya untuk menyampaikan ini kepada Presiden," sebutnya. (Antara)
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar