BMKG peringatkan gelombang laut Natuna capai 6 meter

id BMKG,gelombang,laut,natuna,cuaca

Ilustrasi: Gelombang Tinggi (antaranews.com)

Batam (ANTARANews Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis, memperingatkan pengguna aktivitas kelautan di Provinsi Kepulauan Riau berhati-hati, karena gelombang setinggi, 4 hingga 6 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Anambas dan Laut Natuna Utara.

Kepala Seksi Data dan Informasi Statiun Meteorologi Hang Nadim Batam menyatakan, peringatan gelombang yang dikategorikan sangat tinggi itu berlaku mulai Kamis (3/1) hingga Minggu (6/1) pukul 7.00 WIB.

Gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter juga berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Natuna dan Laut Natuna, wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam laman bmkg.go.id disebutkan, terdapat Tropical Cyclone `PENNY` 996 hPa di Laut Karang utara Queensland, Tropical Storm `PABUK` 1000 hPa di Laut Cina Selatan, dan pola tekanan rendah 1008 hPa di Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

BMKG mengimbau agar pihak terkait memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran terutama kepada perahu nelayan dengan Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter dan Kapal Ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Kemudian kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar