Danlanal kukuhkan Komandan KAL Sengiap

id Tni al, danlanal ranai, kal sengiap, natuna, laut cina selatan

Danlanal kukuhkan Komandan KAL Sengiap

Ilustrasi: Personel TNI AL dari Lanal Rote mencari seorang nelayan yang hilang di perairan Rote (Antara Foto/ Humas Lanal Rote)

Ranai (ANTARA) - Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, mengukuhkan Kapten Laut (P) Abdurrahman Santoso S.S.T. Han sebagai Komandan KAL Sengiap II-4-55 di Pos Angkatan Laut (Pos AL) Penagi, Ranai, Natuna, Jumat (24/5) sore.

Sebelumnya, Abdurrahman Santoso yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2011 angkatan ke 56, menjabat sebagai Kadvisenbah di KRI Tengku Umar (TUM).

"Pengukuhan jabatan Komandan KAL Sengiap II-4-55 dari Komandan Lanal Ranai kepada Kapten Laut (P) Abdurrahman Santoso, S.ST.Han. Dengan demikian KAL Sengiap II-4-55 akan memperkuat unsur jajaran Lanal Ranai, selain KAL Pulau Bungaran dan KAL Panda," terang Danlanal Harry Setyawan.

Kapal buatan PT. Tesco tersebut diserahterimakan ke Lanal Ranai pada tahun 2013. KAL Sengiap II-4-55 merupakan salah satu unsur yang dimiliki oleh Lanal Ranai. 

Selama menjadi Alutsista Lanal Ranai, KAL Sengiap II-4-55 telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pelaksanaan tugas Lanal Ranai.

"Diantaranya adalah pada waktu kunjungan Presiden RI, Bapak Joko Widodo pada waktu situasi Laut Cina Selatan sedang memanas, KAL Sengiap II-4-55 mengantar Bapak Presiden ke KRI dengan selamat dan aman," kata Danlanal.

Ia berharap, dengan telah dikukuhkan Komandan KAL Sengiap II-4-55, maka kedepannya KAL Sengiap II-4-55 dapat melaksanakan tugas-tugas di wilayah kerja Lanal Ranai dengan mengarungi dan mengamankan Laut Natuna Utara.

"Luasnya wilayah laut di wilayah kerja Lanal Ranai menjadi tantangan tersendiri bagi unsur yang bertugas,"ujarnya.

Pengukuhan dimeriahkan dengan pasukan upacara teridiri dari Satuan Pleton Pama, Cew Pesud Cassa P-8202, Satu pleton gabungan Bintara Tantama Lanal Ranai, dan Satu pleton gabungan Bintara Tantama Satgas Kompi Komposit Setengar.

Bertindak selaku Komandan Upacara adalah KKM KAL Sengiap Lettu Laut (T) Rico Apianto.

Turut hadir dalam acara tersebut, FKPD Kabupaten Natuna, Danlanud RSA diwakili oleh Kadislog, Dandim 0318/NTN Letkol Czi Ferry Kriswardana, S. Sos., M.Tr.Hanla, Danyon Komposit 1/GP Letkol Inf A. Daud Harahap, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K, dan Dansatrad 212 Letkol Lek Bambang Suyono, serta dari Organisasi Massa, Ketua GM FKPPI PC3105/Natuna Boy Wijanarko.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE