BP Batam gelar pelatihan MICE

id Pelatihan MICE

BP Batam gelar pelatihan MICE

Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar, memberikan pengarahan kepada peserta MICE yang digelar BP Batam di Fisherism Tanjungriau, Sekupang, Kota Batam. (Foto: Humas BP Batam)

Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan Batam menggelar pelatihan penyelenggaraan Meeting, Incentive, Conferention and Exhibition (MICE) dalam pengembangan bisnis agrowisata di Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar, di Batam, Jumat, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada layanan MICE.

"Pelatihan kita gelar selama satu hari saja dengan mendatangkan langsung pembicara dari Jogja Tourism Training Center (JTTC)," katanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Fisherism Tanjungriau, Sekupang, Kota Batam. 

Kata dia, dalam pelatihan tersebut disampaikan materi mengenai "starting MICE program", "budgeting plan", "site event management service", "develop meeting", "incentive", "convention and exhibition program", "promote exhibition program", "evaluate MICE event" serta visitasi dan pembelajaran lapangan.

"Kegiatan ini melibatkan lembaga pelatihan dan pengembangan SDM khususnya di bidang pariwisata," jelasnya.

Kegiatan itu lanjutnya diikuti 25 peserta yang terdiri dari penyewa wisata argomarina, UKM dan anggota asosiasi tour and travel.

Dendi menyebutkan, pariwisata merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi di Indonesia khususnya Batam.

Batam lanjutnya masih menjadi salah satu pintu masuk terbesar wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia.

Batam kata dia, menempati peringkat ketiga pintu masuk terbesar wisman ke Indonesia setelah Bali dan Jakarta.

“Dengan semakin pesatnya perkembangan pariwisata di Batam tentunya harus dibarengi dengan SDM yang berkualitas," ujarnya.

Selain itu kata dia, dukungan infrastruktur modern menjadi hal yang penting seperti akses udara, jalan raya, convention center, fasilitas hotel dan eragaman destinasi.

Ia berharap, Batam dapat menjadi daya tarik investor lokal maupun asing untuk berinvestasi di Batam karena sarana dan prasarana yang lengkap penunjang kegiatan MICE.(Antara)
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar