Pelayanan ala kafe BPJS Ketenagakerjaan Batam

id Hari pelanggan nasional, bpjs batam

Pelayanan ala kafe di BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang memperingati hari pelanggan nasional 2019, Rabu. (humas BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang)

Batam (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Batam Sekupang memberikan pelayanan ala kafe pada peringatan Hari Pelanggan Nasional, Rabu.

Kantornya yang selama ini berkesan kaku, pada hari ini dihias ala kafe yang nyaman. Petugasnya pun berpakaian santai nan sopan ala barista.

"Kami menamakan ruangan ini CAFÉ SERU, yakni singkatan dari tema Hari Pelanggan Nasional dari kantor pusat tahun ini yakni “Senyum Ramah Untukmu. Jadi hari ini kami ingin memberikan pelayanan yang tidak hanya unik dan beda dari biasanya tetapi juga mampu menanamkan kesan yang mendalam di hati peserta," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam, Sekupang Jefri Iswanto.

Dinding-dinding kantor diisi hiasan yang berisi kutipan lucu dan inspiratif.

Band musik juga tampil dengan lagu-lagu kekinian di sudut ruangan, persis seperti tempat tongkrongan anak muda.

Tidak hanya penampilan, pelayanan yang diberikan kepada pelanggan pun santai.

Peserta yang datang langsung diarahkan duduk dan disuguhi buku menu oleh pelayan, yang berisi form klaim atau layaman program yamg diajukan peserta, amtara lain kaim JHT (Jaminan Hari Tua), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP) dan Informasi.

Selanjutnya petugas akan mengantarkan berkas klaim kepada petugas yang berpakaian Barista untuk segera di proses.

Petugas berpakaian Barista kemudian melakukan proses verifikasi data dan ‘mengeksekusi’ berkas klaim.

Dengan layanan itu, maka peserta dimanjakan, karena hanya tinggal duduk manis sambil menikmati musik dan penganan yang disiapkan.

Jefri menyebutkan, khusus di hari pelanggan ini, selain mendapatkan layanan ekstra ala café, para peserta juga akan mendapatkan suguhan makanan dan minuman serta cinderamata dari BPJS Ketenagakerjaan. Dan ada tambahan hadiah lagi bagi mereka yang kebetulan berulang tahun pada minggu ini.

Dan bukan pelanggan yang datang ke kantor saja yang mendapatkan keistimewaan. Dirinya beserta pejabat struktural lain memberi perhatian khusus kepada peserta yang saat ini mengalami musibah kecelakaan kerja dan sedang dirawat, dengan cara mengunjungi mereka di rumah sakit.

"Karena bagi kami peserta adalah asset yang sangat berharga, maka kami ingin di hari pelanggan nasional ini mereka merasa diperlakukan dengan sangat spesial dan istimewa," jelas dia.

Walaupun cuma sekali dalam setahun, ia berharap pelayanan itu membekas di dalam hati peserta, sehingga kedepannya tumbuh kesan positif serta keterikatan emosional yang harmonis terhadap BPJS Ketenagakerjaan.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar