Kepri targetkan peningkatan waktu kunjung wisatawan mancanegara

id Wisman kepri, wisman batam

Kepri targetkan peningkatan waktu kunjung wisatawan mancanegara

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Boeralimar. ANTARA/Naim

Batam (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau menargetkan dapat meningkatkan waktu kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai daerah di kota itu, dari rata-rata 2,1 hari menjadi sedikitnya 3 hari.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Boeralimar di Batam, Sabtu, menyatakan peningkatan waktu tinggal wisman dapat mendorong ekonomi masyarakat sekitar.

"Ini sesuai dengan harapan Kementerian Pariwisata, supaya pariwisata bisa meningkatkan devisa negara," katanya.

Dengan bertambahnya waktu tinggal,  keterisian kamar hotel dapat bertambah, pendapatan restoran, transportasi dan industri penunjang pariwisata lainnya ikut bergairah.

Selama ini kata dia, masa tinggal wisman di Batam relatif singkat, karena kebanyakan wisman datang dari Singapura dan Malaysia, yang relatif dekat.

"Kunjungan turis non-Singapura ditingkatkan. Seperti dari India dan Korea," kata dia.

Untuk meningkatkan kunjungan wisman dari negara-negara lain,  pemerintah berupaya menarik wisman yang berkunjung ke Singapura untuk melanjutkan perjalanan ke Batam dan daerah lain di Kepri.

Kementerian Pariwisata memanfaatkan visit Indonesia tourism officer (VITO) yang berada di Singapura untuk menarik wisman yang mengunjungi Negara Singa itu mengunjungi Kepri.

"Jadikan Singapura sebagai hub Batam. Wisatawan yang datang ke Singapura sampai15 juta, kalau sekian persen sampai ke Kepri, bagus," kata dia.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar