Sampah plastik "asing" cemari pantai Natuna

id Natuna, laut natuna, cemar lingkungan, sampah plastik, laut tercemar

Sampah plastik "asing" cemari pantai Natuna

Beberapa sampah plastik asal negara Vietnam yang ditemukan di sepajang pantai Pulau Senua, Bunguran Timur, Natuna, Kepri, Minggu (5/2). (cherman)

Natuna (ANTARA) - Aktivitas kapal ikan asing di perairan Natuna, tidak hanya merusak terumbu karang dan mencuri ikan, tetapi juga diduga mencemari perairan pulau-pulau kecil dengan sampah plastik di Kepulauan Natuna.

"Selain Vietnam curi ikan kita, ternyata ekspor sampah juga, kita harus bersihkan," kata Redha salah satu Tim Jelajah Bahari Natuna saat mengumpulkan sampah plastik dalam kegiatan bersih pantai bersama teman-temannya di Pulau Senua, Minggu

Ia menjelaskan plastik jadi ancaman untuk kerusakan ekosistem di laut, karena kebanyakan orang masih menganggap laut adalah tempat sampah terbesar.

" Padahal laut adalah sumber pangan dan sumber pariwisata," kata Redha.

Polusi laut akibat sampah plastik ini, lanjut dia, tidak hanya berdampak buruk terhadap lingkungan, merugikan dari sisi ekonomi karena pendapatan negara dari sektor kelautan juga menurun. 

"Oleh karena itu, kita harus mulai dari diri sendiri, untuk tidak membuang sampah ke laut," kata Redha.

Hasil penelusuran Antara di pulau dan pantai sebelah utara Natuna memang banyak terdapat sampah plastik bekas kemasan makanan dan minuman berasal dari Negara Negara Tetangga.

"Tiap musim utara macam sekarang ini pasti begini, banyak sampah dari luar negeri," celetuk warga setempat saat mengikuti bersih pantai di Pulau Senua.




 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE