Kondisi terkini WNI di Natuna, Menkes berharap tetap sehat

id virus corona,menkes,WNI di Natuna sehat,WNI dari Wuhan di Natuna,observasi Natuna

Kondisi terkini WNI di Natuna, Menkes berharap tetap sehat

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, China melakukan senam bersama prajurit TNI di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/2/2020). Menurut data Kementerian Kesehatan, sebanyak 238 orang WNI yang menjalani proses observasi virus Corona tersebut kondisi kesehatannya baik dan tidak ada satupun dari mereka yang menunjukkan gejala infeksi seperti demam, batuk dan pilek. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto menyampaikan perkembangan kondisi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan China yang diobservasi di Pulau Natuna sampai saat ini terpantau tetap sehat.

"Jadi, saya sudah melihat sendiri. Sudah datang sendiri, berkali-kali ke sana. Sampai detik laporan pagi ini, saya harapkan mereka terus sehat, 'enjoy' dengan kegiatan yang dibuat," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat.

Menurut Terawan, kegiatan-kegiatan bagi WNI yang diobservasi di Pulau Natuna itu dibuat sesuai dengan arahan psikolog dan psikiater agar terjadi sosialisasi.

Sejauh ini, kata dia, belum ada keluhan kesehatan yang muncul dari para WNI itu, dan diharapkan jangan sampai ada keluhan.

Baca juga: Doa dan dzikir "Dari Natuna Selamatkan Indonesia"

Ia menyebutkan masa observasi yang harus dijalani para WNI itu berlangsung selama 14 hari, dan jika mereka mampu melewatinya akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

Namun, Terawan belum bisa memastikan teknis pemulangan para WNI itu karena masih akan dirapatkan secara lebih detail.

"Nanti kan kita rapat, kalau melewati hari Minggu, sudah lebih dari seminggu. Nah, di situ kita bahas pemulangan satu persatu detail, apa yang dilakukan, alamat di mana," katanya.

Baca juga: Pemprov Kepri waspadai virus corona yang menyerang Singapura

Pemerintah daerah, kata dia, juga akan dilibatkan dalam pemulangan para WNI dari Wuhan itu, termasuk langkah sosialisasi ke masyarakat sekitar.

Sebelumnya, pemerintah telah mengevakuasi 238 WNI dari Kota Wuhan, China ke Pangkalan Militer TNI di Natuna, Kepulauan Riau, untuk menjalani observasi supaya terbebas dari virus Corona.

Masa observasi berlangsung selama 14 hari menyesuaikan dengan masa inkubasi virus Corona untuk benar-benar memastikan aman dari virus tersebut.

Baca juga: Singapura borong masker di Batam
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE