28 warga Karimun ikuti tes cepat COVID-19, satu positif

id rapid test COVID-19,virus corona,COVID-19,karimun

28 warga Karimun ikuti tes cepat COVID-19, satu positif

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karimun Rachmadi (tengah) memberikan keterangan pers terkait satu kasus positif COVID-19 di RSUD Muhammad Sani beberapa waktu lalu. (ANTARA/Rusdianto)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Sebanyak 28 warga di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menjalani tes cepat atau "rapid test" COVID-19 yang dilaksanakan selama dua hari, satu di antaranya positif dan langsung diisolasi di rumah sakit setempat.

"Memang hasil rapid test ada satu yang rapid test positif, tetapi rapid positip bukan berarti sudah dinyatakan positip (terinfeksi COVID-19), tetap harus menunggu hasil swab (tes PCR)," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Rachmadi melalui pesan instan Whatsapp.

Menurut dia, keakurasian rapid test sangat rendah, sehingga untuk memastikan seseorang terpapar COVID-19 tetap menunggu hasil pemeriksaan swab dari Balitbangkes.

"Satu orang yang reaktif rapid itu masuk isolasi dan langsung swab," kata dia.

Dalam dua, yakni Selasa (31/3) dan Rabu (1/4), sebanyak 28 orang menjalani rapid test COVID-19, terdiri atas orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 16 orang, tenaga kesehatan 8 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 4 orang.

Sementara itu, hingga Rabu (1/4), jumlah ODP primer COVID-19 di Kabupaten Karimun terdata sebanyak 236 dengan kontak serumah sebanyak 590 orang.

Dari ODP sebanyak itu, sebanyak 36 orang telah selesai pemantauan, sehingga tersisa sebanyak 200 orang, terdiri dari Kecamatan Karimun 10 orang, Tebing 9 orang, Meral  21, Meral Barat 3, Buru 26, Belat 12, Kundur Barat 8, Kundur 15, Kundur Utara 60, Ungar 15, Durai 7, Moro 13 dan Desa Nyiur Permai Moro 17 orang.     

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 9 orang, 5 di antaranya selesai pengawasan, sehingga yang masih dalam proses pengawasan tinggal 3 orang.

Pemeriksaan swab di lab/spesimen yang masih dalam proses sebanyak 5 orang, positif COVID-19 satu orang, meninggal 1 orang.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE