Lagi, warga pulau Kubung di Batam positif COVID-19

id pulau kubung, pulau penyangga batam,penularan covid batam, klaster hog batam,warga pulau penyangga di Batam positif COVI

Lagi, warga pulau Kubung  di Batam positif COVID-19

Pemeriksan rapid test warga Batam. Foto Antara/Evy R. Syamsir

Batam (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat seorang lagi warga pulau penyangga, yakni Pulau Kubung Kecamatan Nongsa yang terkonfirmasi positif COVID-19, setelah satu keluarga dari pulau yang sama juga dinyatakan terpapar virus beberapa waktu lalu.

"Seorang perempuan berusia 33 tahun, ibu rumah tangga beralamat di wilayah Pulau Kubung Kelurahan Ngenang Kecamatan Nongsa Kota Batam, merupakan kasus baru COVID-19 nomor 170 Kota Batam," kata Ketua Gugus Tugas Batam, Muhammad Rudi, Jumat.

Dengan tambahan seorang warga yang dinyatakan positif hari ini, menambah total kasus menjadi 170 kasus positif COVID-19, sebanyak 76 orang di antaranya telah sembuh, 12 meninggal dan lainnya masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit.

Pasien 170 yang baru dinyatakan positif COVID-19 merupakan istri terkonfirmasi positif nomor 155, terkait dengan klaster HOG Eden Park.

Sedang mertua pasien tersebut, terkonfirmasi positif nomor 129 dan 130 saat ini sudah dinyatakan sembuh.

"Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sudah dalam proses persiapan perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam," kata Rudi dalam keterangan tertulis.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan, sesuai penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Batam, disimpulkan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus berkaitan dengan berbagai klaster yang ada ataupun kasus baru.

Hal itu mengingat masih banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol dan imbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit COVID-19.

"Selanjutnya diingatkan dan diimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam guna kemaslahatan bersama agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak," kata dia.

Masyarakat juga diminta senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah, mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE