Gempa guncang selatan Meksiko

id gempa meksiko,gempa meksiko 2020

Gempa guncang selatan Meksiko

Reaksi warga di Mexico City, Meksiko, setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang pada Selasa (23/6/2020) pagi waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Tomas Bravo)

Jakarta (ANTARA) - Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang bagian selatan Meksiko pada Selasa waktu setempat, menewaskan setidaknya satu orang dan menimbulkan tsunami lokal di beberapa area pesisir Samudera Pasifik.

Gubernur Oaxaca, Alejandro Murat, menyatakan satu warganya meninggal akibat bencana yang mendera wilayahnya pada Selasa pagi setempat, demikian dilaporkan Reuters, Rabu dini hari WIB.

Menurut Badan Geologis Amerika Serikat, pusat gempa berada 69 km di timur laut Pochutla, Meksiko dengan kedalaman 26 km dari permukaan tanah.

Badan seismologis Meksiko menyatakan sempat terjadi tsunami di pesisir Oaxaca dengan tinggi permukaan laut meningkat 60 cm di Pantai Huatulco, salah satu destinasi wisata favorit turis Amerika dan Kanada.

Pihak berwenang mengimbau warga agar menjauhi kawasan pesisir, sementara di media sosial beredar video yang memperlihatkan air laut sempat surut di Oaxaca.

Gempa bermagnitudo 7 atau lebih diketahui bisa menimbulkan dampak buruk yang menjalar. Sebelumnya pada 2017 gempa magnitudo 7,1 yang mengguncang bagian tengah Meksiko menewaskan 355 korban jiwa.

Gempa kali ini sempat memicu peringatan dini tsunami di area pesisir Samudera Pasifik di Meksiko serta Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Badan Kelautan dan Atmosferik Amerika Serikat menginformasikan kemungkinan ombak hingga satu meter mungkin menghantam pesisir Meksiko.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar