Pemko Pekanbaru bolehkan Shalat Id berjamaah dengan protokol kesehatan

id salat id pekanbaru,pekanbaru, wali kota pekanbaru,kota pekanbaru

Pemko Pekanbaru  bolehkan Shalat Id berjamaah dengan protokol kesehatan

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT. ANTARA/Vera Lusiana

 Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru telah mengeluarkan izin memperbolehkan masyarakat di Ibu Kota Povinsi Riau itu melaksanakan Shalat Id di masjid atau lapangan pada Idul Adha 1441 Hijriyah dengan syarat kondisi tubuh sehat serta mematuhi protokol kesehatan.

"Namun bagi yang demam tidak diperbolehkan ikut melaksanakan shalat berjamaah," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan kebijakan Pemko Pekanbaru memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melaksanakan Shalat Id di lapangan atau masjid telah sesuai dengan izin dan petunjuk dari Kementerian Agama.

"Syaratnya, jamaah harus menerapkan protokol kesehatan seperti dicek suhu tubuh, menggunakan masker dan jaga jarak bagi yang suhunya di atas 37,5 derajat jangan ikut," katanya.

Ia juga meminta agar jumlah panitia pelaksanaan hari raya kurban secukupnya saja dan tidak terlalu ramai. Panitia kurban juga diminta mengantarkan daging kurban secara langsung ke rumah-rumah warga.

"Panitia tidak perlu terlalu ramai, dan nanti tidak dibenarkan warga berkerumun dan menjemput daging kurban sendiri tetapi panitia akan mengantarkan daging ke rumah warga," katanya lagi.

Untuk pengawasan, lanjut Firdaus, nantinya tim kepolisian dan TNI, Bhabinkamtibmas dan Satpol PP tentunya akan turun melakukan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan.

"Nanti akan ada pengawasan dari tim, agar terlaksana protokol kesehatan," tukasnya.

Dia juga mengimbau untuk jamaah anak-anak sebaiknya tidak usah ikut Shalat Id di masjid atau di lapangan mengingat penyebaran COVID-19 di Kota Pekanbaru masih tinggi.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar