Warga diingatkan selektif beli saham daring

id investasi daring,saham daring,waspada investasi,polresta mataram,modus penipuan

Warga diingatkan  selektif beli saham daring

Kasat Reskrim Polresta Mataram AKP Kadek Adi Budi Astawa. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, AKP Kadek Adi Budi Astawa, mengimbau warganya agar lebih selektif ketika membeli saham atau menanamkan investasinya via daring.

"Kami tahu bersama kalau giat investasi atau saham via daring di tengah pandemi COVID-19 ini kian meningkat. Harap kami, warga lebih selektif, apalagi yang modusnya melalui daring," kata Kadek Adi di Mataram, Jumat.

Hal itu disampaikannya, karena dalam periode pandemi COVID-19 ini pihaknya banyak menerima aduan masyarakat yang mengaku sebagai korban penipuan investasi via daring.

"Jadi modusnya macam-macam, bukan hanya bentuk investasi, ada juga yang modelnya arisan via facebook," ujarnya.

Karena itu, Kadek Adi menyarankan agar warga melihat kembali legalitas dan keberadaan penyedia jasa tersebut. Jangan karena dijanjikan keuntungan yang besar, warga kemudian tergiur dan langsung menyetorkan uangnya.

"Seperti laporan yang kita tangani sekarang, itu investasi, dia mengaku dijanjikan keuntungan 40 persen, tapi sampai sekarang belum juga terima apa pun, bahkan modal yang dia berikan, belum kembali," ucap dia.

Terkait dengan laporan tersebut, pihak kepolisian dikatakan telah menindaklanjutinya. Ada enam dari 15 laporan yang kini sedang ditelaah kepolisian.

"Nantinya kita lihat, kalau memang ada unsur perbuatan melawan hukumnya, kita akan lanjutkan ke tahap penyelidikan, panggil para pihak," kata Kadek Adi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE