Gugus Tugas Bintan awasi aktivitas masyarakat di tempat wisata

id Libur panjang

Gugus Tugas Bintan awasi aktivitas masyarakat di tempat wisata

Pengunjung tengah menikmati suasana di pantai Trikora Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (29/10/2020) ANTARA/Ogen

Bintan, Kepri (ANTARA) - Pjs Bupati Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau Buralimar menyampaikan Gugus Tugas COVID-19 sudah melakukan patroli keliling untuk mengawasi aktivitas masyarakat yang berlibur di kawasan wisata setempat terutama di Pantai Trikora.

Buralimar di Bintan Kamis menyebutkan Pantai Trikora yang memiliki garis pantai sepanjang 25 kilometer ini menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Pulau Bintan (Tanjungpinang dan Bintan) untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga apalagi saat libur panjang seperti ini.

"Pengunjung di Pantai Trikora terpantau cukup ramai sejak libur dua hari terakhir," kata Buralimar.

Dari pantauan petugas, kata Buralimar, masyarakat yang berkunjung di Pantai Trikora relatif sudah mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Demikian pula dengan pengelola pantai, sangat memperketat protokol kesehatan pengunjung di pintu masuk kedatangan. Juga menyiapkan sarana cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Tiap-tiap pengunjung yang masuk dilakukan pengukuran suhu tubuh, diwajibkan pakai masker, dan kalau ada kerumunan langsung diingatkan untuk jaga jarak minimal satu meter," ungkapnya.

Buralimar memang tidak melarang warga untuk berlibur ke destinasi wisata, namun ia mewanti-wanti agar libur panjang tidak menimbulkan klaster baru COVID-19. Sehingga sangat penting bagi pengelola dan pengunjung tempat-tempat wisata untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

"Kasus COVID-19 di Bintan sudah mulai mereda, jangan sampai terjadi penambahan lagi dari klaster libur panjang," katanya menegaskan.

Salah seorang pengunjung Pantai Trikora Ansyari mengaku memboyong keluarganya berlibur ke kawasan wisata pantai setelah cukup lama berada di rumah imbas kondisi pandemi COVID-19.

Ansyari tampak mengenakan masker berbahan kain, begitu pula dengan istri dan seorang anak laki-lakinya yang masih berusia delapan tahun.

"Kalau ingin liburan aman dan sehat dari pandemi, harus patuhi protokol kesehatan," demikian Ansyari.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE