Nelayan Anambas hilang kontak ditemukan

id Natuna, anambas,nelayan hilang,kpp natuna,sar natuna

Nelayan Anambas hilang kontak ditemukan

Nelayan hilang kontak saat di temukan tim SAR Natuna di Perairan Anambas, Rabu (Antara Kepri/HO/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna dalam operasi pencarian dan pertolongan mengabarkan telah menemukan nelayan yang sempat hilang kontak di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas. 

“Kapal tersebut terakhir kontak pada Minggu 10 januari 2021 dengan jumlah POB ( Person On Boat ) 4 orang diantara nya Widi Saputra ( Juru Mudi ) , Yanto , Putra dan Uwen ( ABK ) telah ditemukan”, kata Mexianus Bekabel, Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Natuna, Rabu.

Sebelumnya, Operasi SAR di lakukan setelah menerima laporan dari keluarga korban pada 12 Januari jam 11.40 WIB 1 tim Rescue Pos Pencarian Dan Pertolongan Anambas di kerahkan untuk bergerak ke lokasi dengan menggunakan 1 Unit RIB Pos Pencarian dan Pertolongan Anambas. 

“Namun dikarenakan cuaca ekstrem , Tim Rescue akhir nya putar balik dan mengubah rencana bergerak ke Pulau Batu belah Kabupaten Anambas untuk berkoordinasi dengan keluarga korban dan melakukan pencarian di sekitar pulau-pulau terdekat di perairan Kabupaten Anambas dengan hasil nihil”, jelas Mexi.

Selanjutnya, Tanggal 12 Januari 2021 pukul 23.00 WIB Petugas siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna mendapat informasi bahwa korban sudah bisa di hubungi dan korban menginformasikan bahwa mereka sedang dalam perjalanan kembali ke pelabuhan Desa Batu Belah Kabupaten Anambas. 

“Informasi tersebut di teruskan ke Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Anambas untuk melakukan komunikasi , kordinasi dan pemantauan terkait informasi tersebut via telepon dan juga di bantu oleh oleh RAPI mengunakan radio”, jelas Mexi.

Untuk memastikan, pada 13 Januari 2021 Pukul 07.00 WIB Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Anambas bergerak menuju ke Pulau Batu belah untuk memastikan bahwa korban memang sudah tiba dengan selamat di Pulau Batu Belah. 

“Dalam perjalanan menuju ke Pulau Batu belah Tim Rescue bertemu dengan korban beserta kapalnya. Lalu tim  mengkonfirmasi terkait kronologis kepada korban bahwa mereka telah tiba dan sandar di Pulau Batu Belah sekitar pukul 12.00 WIB dan saat bertemu Tim Rescue pos Pencarian dan Pertolongan Anambas mereka sedang dalam perjalanan dari Pulau Batu Belah menuju pulau Temburun”,ujar Mexi.

Setelah memastikan korban benar sudah kembali dan dengan selamat, lanjut Mexi, maka operasi SAR terhadap kecelakaan kapal yang hilang kontak di perairan Kabupaten Anambas di nyatakan selesai dan di tutup. 

“Seluruh unsur yang terlibat dalam operasi SAR tersebut baik dari BPBD Kabupaten Anambas , BMKG , Pol Air Polres Anambas , Himpunan Nelayan Kabupaten Anambas dan Masyarakat diucapkan terima kasih”, ucapnya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar