Batam (ANTARA News) - TNI AL menggelar Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke-60 (atau SBJ-LX) di pulau-pulau wilayah barat Indonesia dengan Kapal Rumah Sakit KRI dr Soeharso-990.

Komandan Satgas SBJ, Kolonel Laut (P) Alex Syahrail saat menggelar operasi bhakti di Batam, Minggu mengatakan operasi tersebut dilaksanakan September hingga Oktober mulai dari Pontianak Kalimantan Barat, kemudian Kepulauan Riau yang meliputi Natuna, Tarempa (Anambas), Batam, kemudian ke Dumai (Riau) dan Kepulauan Bangka Belitung.

"Tujuan kami melayani warga masyarakat kepulauan yang selama ini kesulitan mendapatkaan pelayanan kesehatan," kata Alex.

Kegiatan SBJ-LX, kata Alex, meliputi pelayanan kesehatan umum, pengobatan gigi dan mulut, pelayanan KB, khitanan masal, operasi kecil (bedah minor), pengobatan katarak dan selaput mata, gondok, hernia, dan pengobatan lain.

"Jumlah tenaga medis yang kami turunkan terdiri dari 15 dokter spesialis, dan dokter umum, lima dokter gigi, satu apoteker, dan 81 paramedis," tambah dia.

Menurut Alex semua kegiatan dilakukan pada kapal yang memiliki 1 ruang UGD, 3 ruang bedah, 6 ruang poliklinik, 14 ruang P-jang Klinik dan 2 ruang perawatan dengan kapasitas masing-masing 20 tempat tidur.

"Selama perjalanan dari Pontianak hingga Batam, ribuan orang telah mendapatkan layanan kesehatan di kapal ini secara gratis," tmabah dia.

Selain pelayanan kesehatan, Alex menambahkan, juga akan dilaksanakan perbaikan sarana umum seperti MCK, sekolah, sarana olahraga dengan melibatkan instansi setempat.

Bantuan sosial berupa buku-buku pelajaran, seragam sekolah, alat tulis, diberikan langsung pada sekolah-sekolah yang membutuhkan.

"Bantuan juga diberikan kepada para nelayan berupa peralatan melaut seperti jaring," lanjut dia.

Alex mengatakan, hingga Selasa (27/9), KRI dr Soeharso masih akan memberikan pelayanan kesehatan di Batam sebelum bertolak ke Dumai.

"Operasi akan dilaksanakan sekitar lima puluh enam hari dan difokuskan pada kegiatan sosial kemanusiaan dan akan berakhir di Belitung Provinsi Bangka Belitung akhir Oktober," ucap Alex.

(ANT-L/A013/Btm3)