Harga Cabai Merah di Tanjungpinang Masih Tinggi

id Harga, Cabai, Merah, Tanjungpinang, Masih, Tinggi,naik,idul,adha

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Harga cabai merah yang dijual pedagang sayur-sayur di Pasar Baru Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu, masih tetap tinggi sejak menjelang Idul Adha 1432 H.

"Mendekati Idul Adha harga cabai merah naik dari Rp28.000/kg menjadi Rp50.000/kg, sedangkan saat ini masih di posisi Rp42.000/kg," kata pedagang sayur-mayur di Pasar Baru Tanjungpinang, Eli.

Menurut dia, cabai merah yang dijual pedagang di Tanjungpinang berasal dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

Kenaikan harga cabai merah di Tanjungpinang bukan karena permainan pedagang, melainkan disebabkan adanya gagal panen di sentra produksi, khususnya di Pulau Jawa.

Persediaan cabai merah di Tanjungpinang menurun akibat gagal panen. Hal itu menyebabkan harga cabai merah melonjak, katanya.

"Kami mendapat informasi, harga cabai merah naik karena hujan lebat yang melanda kawasan pertanian di Pulau Jawa dalam beberapa hari ini," ujarnya.

Hal senada dikatakan Fahmi, salah seorang pedagang sayur-sayur di Pasar Baru Tanjungpinang. Ia memperkirakan harga cabai merah kembali naik jika persediaan menurun.

"Harga cabai merah akan turun jika persediaannya banyak," ungkap Fahmi.

Sementara harga cabai rawit bertahan Rp28.000. Padahal biasanya harga cabai rawit dan merah selalu sama, karena kedua komoditas tersebut berasal dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

"Baru kali ini, harga cabai merah dan cabai rawit berbeda sangat jauh," ujarnya.

Sementara harga cabai hijau yang berasal dari pertanian di Tanjungpinang dan Bintan, Kepulauan Riau, setelah Idul Adha turun dari Rp32.000/kg menjadi Rp30.000/kg.

"Mendekati Idul Adha harga cabai hijau naik dari Rp12.000/kg menjadi Rp32.000/kg," katanya.

(KR-NP/F002)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE