Jakarta (ANTARA) - Aktris kenamaan Laudya Chynthia Bella rela mempersiapkan waktu empat jam untuk make up demi menjalani peran sebagai istri Buya Hamka.

“Untuk make up prostetik ini aku pengalaman pertama kali. Seru sih karena belum pernah sama sekali. Jadi dapat experience baru. Dan prosesnya lumayan cukup lama itu bisa sampai tiga sampai jam kalau enggak salah. Kita mulainya itu 4 jam sebelum syuting,” kata Laudya Chynthia Bella di Jakarta, Ahad.

“Sebelum make up saya ambil wudhu dulu untuk subuh. Terus baru diproses. Dan dibukanya juga sama. Harus satu-satu. (Bukan hanya wajah), tangan juga di-make up agar terlihat lebih berusia,” kaya Laudya Chynthia Bella.

Make up prostetik merupakan make up khusus yang menggunakan tambahan materi sehingga membuat efek make up ini jadi nyata. Oleh sebab itu, proses make up ini memang dikenal memakan waktu yang lama karena pemasangannya harus dilakukan secara teliti oleh ahlinya.

Tak hanya Bella, lawan mainnya yakni Vino G. Bastian yang berperan sebagai Buya Hamka dalam film tersebut juga melalui perjuangan yang sama. Demi menjalani karakternya, Vino pun rela untuk make up berjam-jam sebelum proses syuting dimulai.

“Kalau misalnya ada jadwal syuting jam 6 pagi ya saya harus make up dari jam 12 malam. Tapi memang di film ini ada beberapa part yang terlihat prostetik make up-nya. Mungkin akan lebih banyak di film keduanya,” kata Vino.

“Indonesia memang sudah saatnya secara production design itu semakin hari itu semakin maju. Semakin besar,” sambung Vino.

Vino kesulitan...



Sementara itu, Vino G. Bastian mengaku bahwa proses yang paling sulit dalam pembuatan film “Buya Hamka” adalah pendalaman karakter dari sosok ulama sekaligus sastrawan tersebut.

“Proses yang paling sulit itu adalah pendalaman karakternya. Bagaimana setiap kata yang keluar dari saya itu orang bisa menerjemahkannya itulah yang dikeluarkan oleh Buya Hamka," kata Vino saat dijumpai usai Gala Premier film “Buya Hamka” di Jakarta Selatan, Minggu.

Vino mengatakan setiap aktor memiliki cara tersendiri dalam menghafal dialog. Namun untuk peran Buya Hamka, aktor harus meyakinkan penonton bahwa kalimat yang dia ucapkan adalah pemikiran dari Buya Hamka.

Lebih dalam, Vino juga mengatakan bahwa ada beban yang berbeda saat dirinya harus memerankan tokoh Buya Hamka. Kendati demikian, Vino pun tetap berusaha untuk membawakan karakter Buya Hamka.

“Jadi bukan soal mirip atau tidak miripnya. Dan pihak keluarga maunya lewat saya film seorang Buya Hamka itu menjadi tongkat estafet untuk ke generasi yang sekarang. Jadi anak muda sekarang juga mengenal siapa Buya Hamka,” kata Vino.

Melalui karakter Buya Hamka sendiri, Vino pun banyak memetik pelajaran. Menurutnya, sosok Buya Hamka tak hanya seorang pahlawan tetapi juga seorang suami dan ayah yang luar biasa.

“Dari sini kita mulai belajar bahwa seorang yang sederhana itu bisa terlihat sangat kaya ketika keimanannya dan ketakwaannya kepada Allah itu ada di titik yang puncak. Jadi bukan hanya bisa menginspirasi orang banyak tapi karakter ini juga menginspirasi kita sebagai pemain,” tutur Vino.

“Di sini juga dilihat bahwa sosok perempuan, sosok istri adalah sosok yang luar biasa sekali. Justru istrinya yang membuat sosok Hamka menjadi luar biasa di film ini. Dan itu membuat kita cukup senang,” pungkas Vino.

Dalam film ini, Vino dan Bella akan beradu akting sebagai Buya Hamka dan Sitti Raham. Film ini akan mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang ulama, pahlawan sekaligus sastrawan besar Indonesia yakni Buya Hamka dalam memperjuangkan bangsa serta menyebarkan agama Islam.

Film garapan Fajar Bustomi ini juga akan dimainkan oleh Desy Ratnasari, Donny Damara, Anjasmara, Reza Rahardian, dan berbagai nama pelakon papan atas lainnya seperti Ayu Laksmi, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Laudya C. Bella siapkan make up 4 jam untuk film "Buya Hamka"

Pewarta : Lifia Mawaddah Putri
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024