Jakarta (ANTARA) - WhatsApp  mengenalkan dua fitur baru bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka merayakan hari UMKM Internasional 2023.

Dua fitur tersebut yaitu beriklan dan pesan berbayar yang memudahkan pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka lewat aplikasi WhatsApp Business.

"Kami berharap bahwa adanya fitur-fitur ini bisa mendukung UMKM di Indonesia bisa lebih maju lewat teknologi, teknologi yang sudah ada di kantong masing-masing," kata Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian di Jakarta, Selasa.

Fitur beriklan memudahkan pelaku UMKM untuk menyebarkan iklan usahanya hanya dari satu aplikasi yaitu WhatsApp Business tanpa perlu membuka lagi akun Facebook.

Fitur ini disebutnya sebagai kemajuan karena para pelaku UMKM yang ingin beriklan lewat WhatsApp Business sebelumnya harus memiliki akun Facebook.
  Fitur beriklan baru yang disiapkan WhatsApp untuk pelaku UMKM pengguna WhatsApp Business. (ANTARA/HO-WhatsApp Indonesia)

Kini pelaku UMKM bisa beriklan lewat WhatsApp Business hanya dengan alamat email dan bentuk pembayaran.

Nantinya ketika seseorang mengeklik iklan, maka iklan akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.

Lalu fitur kedua ialah pesan berbayar yang nantinya memudahkan pelaku UMKM untuk terhubung secara lebih personal dengan pelanggan baru maupun pelanggan tetap.

"Fungsinya ini ada dua hal. Pertama pengguna bisa melakukan personalisasi pesan. Kalau misalnya mau mengirimkan pesan marketing, bentuknya bisa diubah sehingga tidak generik," kata Pieter.










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: WhatsApp kenalkan fitur beriklan baru dan pesan berbayar untuk UMKM

Pewarta : Livia Kristianti
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024