Jakarta (ANTARA) - Perusahaan terkemuka dalam industri kaca dan solar panel asal China, Xinyi Group, bakal membangun fasilitas hilirisasi pasir kuarsa atau pasir silika di Kawasan Rempang Eco-City di Batam, Kepulauan Riau.

Rencana investasi itu ditindaklanjuti oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia lewat kunjungannya ke fasilitas produksi Xinyi Group di Wuhu, China, Selasa (18/7).

“Saya lihat Xinyi adalah salah satu pemain yang terbesar di dunia yang insya Allah akan melakukan investasi di Indonesia, di Rempang,” kata Bahlil dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Komisi VI DPR: Hang Nadim bisa jadi bandara yang modern

Bahlil mengatakan kunjungan ini juga mencerminkan komitmen pemerintah Indonesia untuk terus mendorong hilirisasi dalam berbagai sektor industri.

"Selama ini kan kita telah melakukan hilirisasi nikel. Kita mempunyai komoditas pasir kuarsa, silika yang selama ini kita ekspor raw material. Dengan kita membangun ekosistem pabrik kaca dan solar panel, ini merupakan bagian daripada hilirisasi di sektor pasir kuarsa," kata Bahlil.

Sementara itu, CEO Xinyi Group Gerry Tung menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia atas kemudahan dalam penanaman modal.

Baca juga: BP Batam siapkan 12.000 bibit jati emas untuk ditanam

Meningkatnya iklim investasi dan potensi ekonomi Indonesia merupakan salah satu faktor yang mendorong perusahaan memutuskan untuk menambah investasinya di Indonesia.

"Kita selama beberapa tahun ini sudah memperhatikan bahwa investasi di Indonesia sangat bagus. Telah banyak perubahan. Kita sudah investasi di Gresik, sekarang karena kita melihat perkembangan sangat bagus jadi kita tertarik untuk berkembang ke industri yang baru, termasuk yang di Batam ini,” kata Gerry.

Xinyi Group merupakan perusahaan dari Xinyi Glass dan Xinyi Solar adalah perusahaan multinasional yang berbasis di Hong Kong dan memiliki operasi di seluruh dunia.

Baca juga: BP Batam siapkan 3.000 rumah tipe 46 dalam relokasi warga ke Galang

Perusahaan ini adalah satu produsen kaca terbesar, dengan berbagai produk kaca yang digunakan dalam sektor otomotif, konstruksi, dan energi.

Xinyi Group juga merupakan pemimpin dalam pembuatan solar panel, memanfaatkan teknologi canggih dan berkelanjutan untuk mendukung transisi global ke energi terbarukan.

Baca juga:

Tarif baru bongkar muat peti kemas di Batam berlaku mulai 15 Juli

Wujudkan Indonesia Emas 2045, Rudi motivasi siswa SD

Batam sumbang 76 persen aktivitas ekspor di Kepri

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Produsen kaca dunia asal China bangun hilirisasi pasir kuarsa di Batam

Pewarta : Ade irma Junida
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024