Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau bersama TNI/Polri, partai politik dan pemangku kepentingan terkait di daerah itu, menandatanganani Deklarasi Pemilu Damai l 2024

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Natuna Helmi Wahyuda, Rabu mengatakan, deklarasi ini merupakan bentuk komitmen dari seluruh elemen di daerah setempat dalam menciptakan pemilu yang aman, damai, dan lancar.

Sebelum melakukan penandatangan Helmi menyosialisasikan materi tentang pemilu damai kepada tim kewaspadaan Pemkab Natuna, partai politik, organisasi masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sosialisasi yang digelar di Gedung Asrama Haji Kabupaten Natuna, Helmi menekankan  pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilu 2024.

"Agar kita bisa sama-sama mengenal dan mendeteksi potensi terjadinya hal-hal yang bisa merugikan peserta pemilu pada pemilu yang akan datang," ujar dia.

Ia berharap, seluruh warga Natuna menjadi pemilih aktif pada Pemilu 2024 agar kontestasi menjadi lebih bewarna.

"Pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Natuna akan berupaya menjaga peningkatan pendidikan politik dan peningkatan pemilih aktif," kata dia.

Sementara Wakapolres Natuna, Kompol Ahmad Rudi Prasetyo mengajak seluruh ASN di Kabupaten Natuna untuk bersikap netral pada pemilu tahun 2024.

Kata dia, pihaknya juga berkomitmen untuk menciptakan pemilu yang damai dengan tidak memihak kepada peserta pemilu manapun.

"Kita sebagai ASN netral aja," pinta dia.

Ia mengajak seluruh pihak untuk menciptakan pemilu yang damai.

"Semoga pemilu 2024 kondusif," harap dia.

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024