Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak empat orang dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi di akses jalur ke wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Camat Poncokusumo Didik Agus Mulyono saat dikonfirmasi dari Tumpang Kabupaten Malang Senin malam mengatakan, peristiwa kecelakaan tersebut terjadi kurang lebih pukul 18.30 WIB.

"Korban meninggal berdasar informasi awal empat orang,” kata Didik.

Didik menjelaskan, kendaraan dengan nomor polisi B 1683 TJG yang belum diketahui jenisnya tersebut mengangkut sembilan orang penumpang, di mana enam orang merupakan orang dewasa, dan tiga lainnya anak-anak.

Ia menambahkan, saat ini korban kecelakaan sudah dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Sumber Sentosa di Kecamatan Tumpang. Namun, untuk kronologi kecelakaan masih menunggu keterangan dari pihak kepolisian.

"Semua korban sudah dievakuasi di RS Sumber Sentosa Tumpang," katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, di RS Sumber Sentosa saat ini didatangi sejumlah relawan dan keluarga korban. Ada kurang lebih empat mobil ambulan yang disiagakan dari relawan dan pihak rumah sakit.

Sementara itu Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Malang, Jawa Timur, menyebutkan bahwa peristiwa kecelakaan yang menyebabkan empat orang meninggal dunia di jalur kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akibat rem kendaraan yang tidak berfungsi atau blong.

Kasat Lantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta di Tumpang, Kabupaten Malang, Senin malam, mengatakan bahwa kesimpulan awal peristiwa kecelakaan tunggal di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Jawa Timur diduga karena kendala teknis kendaraan bernomor B 1683 TJG itu.

"Kejadian tersebut diduga karena kendala teknis dari kendaraan, namun masih kami dalami. Kendala teknis ini, ini masih dugaan awal, kemungkinan besar rem blong," kata Adis.

Adis menjelaskan peristiwa kecelakaan tunggal tersebut, berdasarkan informasi yang diterima dari saksi mata terjadi antara pukul 18.00 hingga 18.30 WIB. Kendaraan tersebut, melintas kawasan TNBTS menuju Poncokusumo Kabupaten Malang dari Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, berdasarkan keterangan saksi, pengemudi kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) sudah beberapa kali melintas di jalur TNBTS untuk menuju Kabupaten Malang. Berdasar informasi, pengemudi sudah paham betul jalur yang dilaluinya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Empat orang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalur menuju Bromo

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024