Batam (ANTARA) - Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPC PDI Perjuangan Kota Batam, Kepulauan Riau menerima sebanyak delapan orang pendaftar bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota untuk Pilkada Serentak 2024 hingga hari terakhir penjaringan.

Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DPC PDI-Perjuangan Kota Batam Askarmin Harun di Batam, Rabu mengatakan delapan nama tersebut terdiri dari empat orang internal partai dan empat orang eksternal partai. 

"Hari ini kami dari Tim Penjaringan PDI-Perjuangan Kota Batam itu sudah dalam tahapan verifikasi dokumen bakal calon wali kota dan wakil wali untuk Pilkada serentak di tahun ini," ujar Askarmin. 

Adapun empat orang internal partai yang mendaftar, yaitu :
1. Buralimar
2. Udin P. Sihaloho
3. Husrinaldi
4.  Budi Mardianto

Kemudian untuk nama empat orang eksternal partai yang mendaftar, yaitu : 
1. Marlin Agustina 
2. Amsakar Achmad 
3. Jefridin Hamid 
4. Raja Heri Mohrizal 

"Jadi ini adalah beberapa nama yang nantinya itu akan ikut dalam proses bertahap yang akan kita lakukan. Hasil dari verifikasi kami nanti itu akan kami serahkan kepada DPD,"  kata dia. 

Ia menyampaikan nantinya DPD yang akan menyerahkan ke DPP PDI-Perjuangan disesuaikan dengan mekanisme yang berlaku di partai. 

"Sambil kita lihat kondisi yang berjalan. Pada prinsipnya semuanya itu dinamis, bisa kapan pun berubah terkait dengan nanti mengerucut atau tidaknya calon yang akan yang sudah terdaftar ini," ujar Askarmin. 

Askarmin mengatakan untuk saat ini DPC PDI-Perjuangan masih terus berusaha untuk menjalin konsolidasi dengan partai lainnya. 

Kata dia, PDI-Perjuangan membuka komunikasi dengan partai politik dalam upaya menjalin koalisi.

"Komunikasi sudah ada. Beberapa partai politik juga sudah intens bersilaturahmi. Tentu kami harapkan akan terbangun koalisi yang kuat dan mengusung calon yang berpeluang menang," kata dia.

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024