Natuna (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau berkoordinasi dengan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait upaya guna menyukseskan Pilkada 2024 di daerah itu.
 
Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Rabu, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Ranai, Kepolisian Resor (Polres), Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (BP3D), Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Pengadilan Negeri (PN).

"Kami sudah mengunjungi beberapa instansi setempet guna menjalin koordinasi," ucap dia.
 
Ia menjelaskan, koordinasi yang dilakukan guna menyamakan persepsi terkait tahapan pencalonan bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.
 
Di Dinas Kesehatan, kata dia, pihaknya berkoordinasi tentang mekanisme pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada, di KP2KP tentang pajak tahunan, kepolisian surat keterangan catatan kepolisian.
 
Menurut dia, koordinasi juga akan mereka ke beberapa pemangku kepentingan lainnya terkait pendistribusian dan lainnya.

Baca juga: KPU Natuna siapkan ruangan konsultasi pencalonan bupati
 
Ia berharap tahapan pencalonan Pilkada berjalan dengan lancar.
 
"Saat ini kita juga melakukan koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN)," ujar dia.
 
Ia menambahkan, menurut jadwal yang telah dibuat pengumuman pendaftaran pasangan calon dijadwalkan pada 24 Agustus 2024.
 
Sedangkan pemeriksaan kesehatan pada 27 Agustus hingga 2 September.
 
"Sedangkan untuk pendaftaran pasangan calon mulai pada 27-29 Agustus 2024," tutur dia.
 
Pada pemberitaan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menyiapkan ruangan untuk masyarakat yang mau berkonsultasi terkait pencalonan bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.
 
Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi, saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Selasa, mengatakan ruangan tersebut berada di kantor KPU Natuna.
 
Kata dia, setiap partai politik, Liaison Officer (LO) dan masyarakat umum yang hendak berkonsultasi terkait pencalonan bupati dan wakil bupati bisa langsung mendatangi kantornya.
 
"Kami ada ruangan khusus untuk yang hendak berkonsultasi terkait pencalonan bupati," ucap dia.

Baca juga: Nyanyang Haris siap mundur dari DPRD demi maju Pilkada Kepri 2024

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024