Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam memperkirakan ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Galang, Kota Batam, dan sekitarnya, Rabu pagi.
 
"Peringatan dini cuaca Kepulauan Riau tanggal 4 September 2024 masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kabupaten Lingga, dan dapat meluas ke wilayah Kota Batam meliputi Galang dan sekitarnya," kata Prakirawan Riza Juniarti.
 
Dia menyebut, kondisi cuaca tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 07.00 WIB.
 
Namun secara umum kondisi cuaca wilayah Kepri diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Masih berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah.
 
"Kelembapan udara yang kering di atmosfer (lapisan atas) kurang mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Kepri," ujarnya.
 
Berikut perkiraan BMKG untuk cuaca hari ini di 7 kota/kabupaten Kepulauan Riau.
 
Wilayah Kota Batam paginya cerah berawan, siangnya hujan, malam dan dini hari kembali berawan.
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-33 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 1-15 km/jam.
 
Kota Tanjungpinang pagi hingga siang hari diperkirakan hujan ringan, malam harinya berawan. Kondisi suhu udaranya 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 2-17 km/jam.
 
Kondisi hampir sama terjadi di Kabupaten Bintan, pagi hingga siang hujan ringan, malam hingga dini berawan. Suhu udara 24-32 derajat celcius, dan arah angin dari selatan dengan kecepatan 0-17 km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun pagi harinya berawan, hujan siang hari, dan malamnya cerah berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 2-18 km/jam.
 
Untuk Kabupaten Lingga, diperkirakan pagi hingga malam hari berawan, dan malam harinya cerah berawan. Suhu udara berkisar antara 25- 32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah timur dengan kecepatan 2-16km/jam.
 
Di Kabupaten Natuna paginya diperkirakan berawan, siangnya hujan ringan, malamnya kembali berawan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah barat daya dengan kecepatan 12-17 km/jam.
 
Terakhir Kabupaten Anambas sepanjang hari dperkirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 25-33 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah selatan dengan kecepatan 15-23 km/jam.
 

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024