Batam (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam memfasilitasi pendaftaran ulang untuk pelatihan kerja bagi para pencari kerja (pencaker) pada Senin.

“Hari ini kami fasilitasi pendaftaran ulang bagi yang sudah melakukan pendaftaran daring pada 5-6 September kemarin,” kata Ketua Penggerak Swadaya Masyarakat dalam bidang Pelatihan dan Produktivitas Ares di Batam, Senin.

Program pelatihan ini ditujukan bagi pencaker yang belum bekerja dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka agar dapat memenuhi kebutuhan industri di Batam.  

“Setelah para pencaker menyerahkan berkasnya, kami akan verifikasi, dan mereka bisa masuk ke dalam grup Whatsapp masing-masing program pelatihan,” ujarnya.

Terdapat 16 program pelatihan yang disediakan, mulai dari Tata Rias, Welder, hingga Operator Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Pelatihan ini bisa diikuti oleh pencaker dari berbagai latar belakang pendidikan, minimal SMP untuk sebagian besar program, dan minimal D3 untuk beberapa program tertentu,” katanya.

Pelatihan kerja ini biasa diadakan pada Januari setiap tahun tapi ada perubahan anggaran maka diselenggarakan sekali lagi pada bulan September.

“Untuk pendaftaran kali ini, sampai pukul 12.00 WIB sudah ada 624 orang yang terdaftar dari target 500 peserta,” tambahnya.

Salah satu pencaker Nurul akan mendaftar untuk program pelatihan Operator K3 setelah mendapatkan informasi mengenai pelatihan tersebut dari media sosial.

“Saya mendapat informasinya dari Instagram di akun-akun lowongan kerja, pelatihan kerja, seperti itu,” ia jelaskan.

Nurul mendaftar program dari Disnaker dengan harapan pelatihan tersebut dapat menambah akuntabilitasnya sebagai pekerja.

Baca juga: PLUT Kota Batam: 148 UMKM sudah miliki NIB


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024