Tanjungpinang (ANTARA) - KPU Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), menerima logistik Pilkada 2024 tahap pertama berupa tinta, segel plastik (kabel ties) dan segel kertas.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Kepri, Muhammad Faizal, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan logistik tinta dan segel plastik tiba di Tanjungpinang Rabu (18/9) sekitar pukul 21.15 WIB, melalui pengiriman via Batam, kemudian dikirim menggunakan kapal roro ke Bintan, lalu diangkut ke Tanjungpinang.

"Sementara segel kertas sudah terlebih dulu tiba pada Senin (16/9) sekitar pukul 16.30 WIB," kata Faizal.

Khusus logistik kotak suara dan bilik suara, kata dia, saat ini masih dalam proses pengiriman dari Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

Setelah itu, baru dikirim lewat jalur laut menuju Pelabuhan Batu Ampar, Batam, kemudian dipisahkan sesuai kebutuhan masing-masing kabupaten/kota se-Kepri.

Baca juga: Polres Karimun kawal distribusi logistik Pilkada 2024 tahap 1

"Seluruh kebutuhan logistik pilkada kabupaten/kota di Kepri diproduksi di Sidoarjo," ujar Faizal.

Adapun untuk logistik surat suara Pilkada 2024, lanjut Faizal, rencananya mulai dicetak pada bulan Oktober 2024, namun lokasi pencetakan surat suara tersebut belum dapat dipastikan karena menjadi kewenangan KPU Kepri.

Menurutnya, pencetakan surat suara masih menunggu tahapan penetapan calon kepala daerah pada tanggal 22 September 2024 dan pencabutan nomor urut calon tanggal 23 September 2024.

Setelahnya, KPU akan melakukan validasi surat suara oleh pasangan calon kepala daerah guna memastikan bentuk surat suara dan gambar yang mereka inginkan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Perkiraan kami, awal November 2024, surat suara sudah datang dan dilanjutkan dengan proses pelipatan dan penghitungan," katanya pula.

Faizal menambahkan logistik pilkada tahap pertama sudah tersimpan di gudang logistik KPU Tanjungpinang dan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian setempat.

Baca juga: Kapolres Karimun lakukan pengecekan kesiapan gudang logistik Pilkada 2024

Pewarta : Ogen
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024