Batam (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mengatakan 570 pelamar CPNS di lingkungan Pemkot Batam mengajukan sanggahan karena gagal di tahapan seleksi administrasi.

Kepala BKPSDM Hasnah di Batam, Selasa, mengatakan pelamar tersebut melakukan sanggah pada 20-22 September 2024.

"Total pelamar yang mengajukan sanggah ada 570 pelamar," kata Hasnah.

Ia menyampaikan semua pelamar tersebut menggunakan aplikasi SSCASN yang disediakan oleh BKN untuk menyampaikan sanggahan mereka.

"Para pelamar yang mengajukan sanggah menggunakan aplikasi SSCASN BKN," kata dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk hasil seleksi administrasi CPNS Pemkot Batam menunjukkan dari total 2.856 pendaftar, 2.519 di antaranya berhasil menyelesaikan pengisian formulir. Namun, 1.067 peserta lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Banyak peserta yang tidak lolos karena kualifikasi pendidikan mereka tidak sesuai dengan yang ditetapkan. Selain itu sejumlah dokumen yang diunggah tidak mematuhi prosedur yang telah diumumkan," kata dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan sudah lebih dari 1.000 peserta yang lolos seleksi administrasi dari 86 formasi yang tersedia.

"Selanjutnya mereka akan mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT). Silakan ikuti prosedur yang telah ditentukan untuk mengajukan sanggahan jika ada yang perlu diperbaiki," kata Jefridin.

Ia memastikan Pemkot Batam telah mempersiapkan sarana prasarana untuk pelaksanaan ujian CAT.

"Insya Allah, semuanya aman. Tempat persiapan sudah siap, dan kami bekerja sama dengan BKN," ujar dia.

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024