Batam (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) membangun tiga sekolah baru di tahun 2025 dalam rangka memenuhi kebutuhan infrastruktur pendidikan di daerah itu.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Disdik Batam Yusal mengatakan akan ada dua sekolah menengah pertama (SMP) dan satu sekolah dasar (SD) yang dibangun di tiga lokasi berbeda.
 

"Sekolah baru yang akan dibangun terdiri atas dua SMP di wilayah Buliang dan Panglong, serta satu SD di Sei Langkai," ujar Yusal saat dihubungi di Batam, Selasa.

Pembangunan ini direncanakan sebagai upaya mengatasi kekurangan fasilitas pendidikan di daerah yang memiliki pertumbuhan pesat.

"Semoga pembangunan bisa dimulai sesuai rencana. Untuk SMP di Panglong, kami melihat ada kebutuhan yang mendesak, karena belum ada SMP di sana," tambahnya.

Rencana pembangunan tersebut sudah diajukan dan diharapkan anggarannya dapat disetujui, serta tidak mengalami perubahan.

Selain pembangunan sekolah baru, Dinas Pendidikan juga akan melakukan renovasi dan penambahan ruang kelas di sekolah-sekolah yang sudah ada.

Yusal menambahkan, beberapa sekolah akan mendapatkan penambahan ruang kelas baru (RKB) sebagai bagian dari upaya untuk menambah dan memperluas infrastruktur pendidikan yang sudah ada.
 

"RKB di beberapa sekolah akan ditambahkan, sekitar dua puluhan ruang kelas baru akan dibangun, namun angkanya masih bisa berubah sesuai kebutuhan," katanya.

Ia mengatakan untuk revitalisasi yang sedang berjalan saat ini ada di SD3 Bengkong dan SD3 Sekupang.

Pembangunan dan revitalisasi sekolah-sekolah ini merupakan bagian dari langkah pemerintah dalam memastikan bahwa, fasilitas pendidikan di Batam tetap memadai dan mampu menampung peningkatan jumlah siswa yang terus bertambah setiap tahunnya.

Baca juga: Disdik Batam sebut verifikasi jumlah anak tidak sekolah terus berjalan


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024