Beirut (ANTARA) - Kelompok Hizbullah Lebanon, Kamis,  menyatakan para pejuangnya berhasil menghancurkan dua tank Merkava Israel dan menewaskan dua tentara Zionis di Dataran Tinggi Labbouneh.

Menurut pernyataan terpisah, pejuang Hizbullah menggunakan dua rudal berpemandu untuk menargetkan dua tank tersebut di Dataran Tinggi Labbouneh. Akibat serangan itu, tank-tank tersebut terbakar dan menewaskan atau melukai tentara di dalamnya.

Militer Israel belum memberikan tanggapan terkait pernyataan Hizbullah tersebut.

Rabu malam, Hizbullah juga mengatakan pihaknya menewaskan dan melukai tentara Israel dalam pertempuran langsung dekat lingkungan wilayah kota Qaouzah di Lebanon selatan.

Sejak Israel memulai serangan darat di Lebanon selatan pada awal Oktober, Hizbullah berulangkali menyatakan akan menyerang, melawan balik, dan membunuh para tentara Israel yang melakukan penyerbuan.

Israel telah melancarkan serangan udara besar-besaran di Lebanon dengan dalih menyasar Hizbullah sejak 23 September. Namun, serangan tersebut menewaskan lebih dari 1.500 warga sipil dan membuat lebih dari satu juta orang mengungsi.

Serangan udara tersebut merupakan eskalasi dari perang lintas batas selama setahun antara Israel dan Hizbullah sejak dimulainya serangannya di Jalur Gaza.

Meskipun masyarakat internasional memperingatkan bahwa Timur Tengah berada di ambang perang regional di tengah gempuran militer Israel terhadap Gaza dan Lebanon, namun Israel tetap memperluas konflik dengan melancarkan serangan ke Lebanon selatan pada 1 Oktober.

Anadolu

Israel hancurkan makam...

Sementara itu dalam pemberitaan terpisah disebutkan, sebuah video yang beredar pada Rabu (16/10) memperlihatkan tentara Israel yang tengah menghancurkan sebuah situs bersejarah di Mhaibib, Lebanon selatan, di mana makam putra Nabi Yakub, Bunyamin, berada.

Makam berusia 2.100 tahun itu, yang berjarak sekitar 115 kilometer dari Beirut, memiliki nilai religius dan sejarah yang tinggi dan menarik banyak wisatawan.

Qassem Ahmed Jaber, pemimpin kota itu, mengaku tidak tahu pasti seberapa besar kerusakan di situs bersejarah itu akibat serangan Israel. Pihak berwenang Lebanon belum memberikan keterangan.

Sebelumnya, militer Israel memperingatkan penduduk di 26 kota di Lebanon selatan, termasuk Mhaibib, untuk mengungsi karena diduga akan ada konflik dengan kelompok bersenjata Hizbullah.

Sejak 23 September, Israel telah melancarkan serangan udara besar-besaran terhadap target-target Hizbullah. Aksi militer itu telah menyebabkan 1.500 lebih kematian dan mengusir lebih dari 1 juta orang dari tempat tinggal mereka.

Di Jalur Gaza, Palestina, Israel juga terus melakukan agresi sejak 7 Oktober 2023, yang telah menewaskan lebih dari 42.400 orang — sebagian besar adalah wanita dan anak-anak.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hizbullah klaim hancurkan tank-tank Israel dan tewaskan tentara mereka

Pewarta : Yoanita Hastryka Djohan
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024